Pengaruh Teknik Asertif Training Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa MTs. Penyaring Kabupaten Sumbawa Besar

Suryadi Suryadi, I Made Gunawan

Abstract


Asertif training merupakan latihan keterampilan sosial yang diberikan pada individu yang diganggu kecemasan, tidak mampu mempertahankan hak-haknya, terlalu lemah, membiarkan orang lain merongrong dirinya, tidak mampu mengekspresikan amarahnya dengan benar dan cepat tersinggung. Tanggung jawab merupakan memberikan intensitif kepada siswa untuk saling membantu satu sama lain dan untuk saling mendorong melakukan usaha yang maksimal. Tanggung jawab rendah akan membawa dampak kurangnya bekerja sama antara teman dalam satu kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Teknik Asertif Training Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa MTs Penyaring Kab Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok sedangkan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pelengkap. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 5, 028 dan setelah dikonsultasikan t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan d.b 6 diperoleh 2,447 ini berarti bahwa t-hitung>t-tabel (5,028> 2,447), maka diambil kesimpulan ada Pengaruh Teknik Asertif Training Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa MTs Penyaring Kab Sumbawa Besar.

Keywords


Asertif Training, Tanggung Jawab

Full Text:

PDF

References


Corey, G. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika.

Day, 2008. Tujuan Asertif Training http://www.duniapsikologi.com.

Depdikbud. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Djoko Widagdho. 2008. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa. 2007. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Jamal Ma’mur Asmani. 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Pres

Karwati, E, Juni. D dan Priansa. 2015.Manajemen Kelas. Jakarta: Alfabeta

Muhammad Mustari. 2014. Nilai Karakter Reprensi Kependidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nursa’ban, Muhammad. 2013. Peningkatan Sikap tanggung Jawab dan Kemandirian Belajar Melalui Metode Tutorial. Jurnal Pendidikan: Universitas Yogyakarta.

Nursalim, Mochamad. 2005. Strategi Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Prasetya, Joko, 2013. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Semiawan, Conny. R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Suryadi Suryadi, I Made Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.