Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia dengan Model Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 3 Mataram
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian tindakan kelas ini diadakan di SMAN 3 Mataram dengan model siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini yakni dari tiap siklus diperoleh pada siklus pertama nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa X MIA-4 SMA Negeri 3 adalah 74,85, pada siklus II menjadi 88,12. Sehingga dapat dikatakan model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdiknas
Johnson DW & Johnson, R, T. (1991) Learning Together and Alone. Allin and Bacon : Massa Chussetts
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta, P.T., Bumi Aksara
Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara
Team Pelatih Penelitian Tindakan. 2000. Penelitian Tindakan (Action Research), Universitas Negeri Yogyakarta
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.906
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sitti Ramlah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.