Studi Kasus Regulasi Diri Afeksi Moral Pada Siswa Yang Menyontek

Ratih Christiana

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami perilaku menyontek siswa dari perspektif self-regulation moral. Total 3 laki-laki dan 1 perempuan dilibatkan sebagai responden dalam studi kasus ini. Hasil penelitian menunjukkan ada enam bentuk pemikiran atau alasan yang mendasari perilaku menyontek. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi perilaku menyontek.


Keywords


Regulasi Diri, Afeksi Moral, Perilaku Menyontek.

Full Text:

PDF

References


Adler, P.A., & Adler, P. (1994). Observational Technique. Dalam N.K. Denzin & Y.S. Lincoln (ed.). Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Atkinson, P., & Hammersley, M. (1994). Etnography and Participant Observation. Dalam N.K. Denzin & Y.S. Lincoln (ed.). Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Azwar, S. (2000). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bandura, A. (2002). Selective Moral Disengagement in the Exercise of Moral Agency. Journal of Moral Education. 31(2), 101-119.

Bandura, A. (1999). A. Social Cognitive Theory of Personality. Dalam L. Pervin & O. John (Ed.), Handbook of Personality.New York: Guilford Publication.

Burden, P.R., & Byrd, D.M. (1999). Methods for Effective Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Farnese, M. L., Tramontano, C., Fida, R., Paciello, M. (2011). Cheating Behaviors in Academic Context: Does Academic Moral Disengagement Matter?. Procedia-Social and Behavioral Siences., Vol. 29., P.356-365

Fontana, A., & Frey, J.H. (1994). Interviewing: The Art of Science. Dalam N.K. Denzin & Y.S. Lincoln (ed.). Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Hasnatul, A. (2011). Pengaruh Self Efficacy, Konformitas dan Goal Orientation Terhadap Perilaku Menyontek (Cheating) Siswa MTs Al-Hidayah Bekasi. Jurnal UIN Syarif Hidayatullah., Vol.2., No.1., P.86-92

Hergenhahn, B.R., & Olson, M.H. (1997). An Introduction to Theories of Learning. London: Prentice Hall International Inc.

Indarto, J. (2003). Hubungan antara Orientasi Tujuan Penguasaan dan Orientasi Tujuan Performansi dengan Intensi Menyontek. Tesis tidak diterbitkan. Yogykarta: Fakultas Psikologi UGM.

Koentjara. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Diktat Perpelajaranan S2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murdock, T.B., Miller, A., & Kohlhardt, J. (2004). Effects of Classroom Context Variables on High School Students’ Judgements of the Acceptability and Likelihood of Cheating. Journal of Educational Psychology, 96 (4), 765-777.

Smith, J.A. (2006). Qualitative Psychology: Practical Guide to Research Methods. Diterjemahkan M. Khozim. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Smyth, M.L., & Davis, J.R. (2003). An Examination of Student Cheating in the Two-Year College. Community College Review. (diakses melalui http://www.findarticles.com pada tanggal 24 April 2004)

Stake, R.E. (2000). Studi Kasus. Dalam N.K. Denzin & Y.S. Lincoln (ed.). Handbook of Qualitative Research. Diterjemahkan Dariyatno, dkk. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Staneculescu, E., (2013). Affective Tendencies in Embrrasing Situastion and Academic Cheating Behavior., Procedia-Social and Behavioral Siences.,Vol. 78., P.723-727

Sujana, Y.E. (1993). Hubungan antara Kecenderungan Pusat Kendali dengan Intensi Menyontek. Skripsi tidak diterbitkan. Yorgyakarta: fakultas Psikologi UGM.

Sunawan & Mulawarman, (2007). Perilaku Menyontek Siswa Ditinjau dari Sikap tentang Menyontek dan Orientasi Tujuan. Laporan Penelitian tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ratih Christiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.