Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Mengidentifikasi Teks Drama di Kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Mataram)

I Gusti Ayu Adi Dauti Antari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam menemukan dan menghubungkan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Agenda Drama Kelas dalam perayaan HUT SMAN 1 Mataram dijadikan sebagai waktu yang tepat dalam mempraktekkan metode CTL untuk pembelajaran “mengidentifikasi teks drama”. PTK ini dirancang dalam dua siklus, selanjutnya diberikan uraian atas terapan kedua metode dan dianalisis dengan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode ceramah-diskusi diperoleh hasil belajar dengan rata-rata nilai 87,71 dan variasi nilai 1,99. Pada PTK siklus kedua diperoleh rata-rata nilai 94,09 dengan variasi 1,76. Hasil belajar dengan kedua metode tersebut tergolong sangat tinggi. Pada PTK siklus kedua mampu meningkatkan hasil belajar dan hasil semakin merata. Berdasarkan uji beda terbukti bahwa hasil belajar mengalami peningkatan yang singnifikan.


Keywords


Pembelajaran Kontekstual, Teks Drama.

Full Text:

PDF

References


Adisoewignyo, W, 2008, Statistik Inferensial Ekonomi dan Bisnis, Mataram: Mataram University Press.

Arikunto, S., 2000. Manajemen Pengajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Beetlestone, F., 2011. Creative Learning; Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa. Bandung: Nusa Media.

Bintari, R.P., dkk., 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Isjon, 2012. Pembelajaran Kooperatif; Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, B., et.al. 2008. Models of Teaching; Model-Model Pengajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2015. Panduan Pelaksanaan Program Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

Kosasih, 2017. Bahasa Indonesia untuk Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Mufarokah, A., 2013. Strategi & Model-Model Pembelajaran. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.

Mulyati, Y., 2014. Hakekat Keterampilan Berbahasa. Jakarta.

Musfah, J., 2011. Peningkatan Kompetensi Guru; Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktek. Jakarta: Kencana.

Nasution, S., 2010. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurulhayati, S., 2002. Pembelajaran Koeperatif yang Menggairahkan. Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan TK dan SD.

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, W., 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanusi, A., dkk., 1991. Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: IKIP Bandung.

Sumarni, R. dan Sahat, A.A., 2005. Perlaksanaan Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual dan Keberkesanan Strategi Hibrid C-C di Sekolah Menengah Teknik. 1st International Malaysian Educational Technology Convention.

Slavin, R.E., 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Syah, M., 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Logos.

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Usman, U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 I Gusti Ayu Adi Dauti Antari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.