Pemecahan Masalah Matematika Melalui Metakognisi Dalam Konteks Sosial

Baiq Yuni Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik aktivitas berpikir metakognisi dalam konteks sosial yang terlihat selama kegiatan diskusi berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang mendeskripsikan bagaimana aktivitas berpikir metakognisi siswa dalam konteks sosial ketika melakukan pemecahan masalah matematika dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa dengan tingkat kemampuan yang bervariasi. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri 5 masalah matematika. Kegiatan diskusi dalam kelompok direkam dan selanjutnya dilakukan wawancara tindak lanjut berdasarkan rekaman audiovisual tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas metakognisi siswa pada karakteristik berpikir awareness, regulation dan evaluation siswa dalam konteks sosial mencakup: (1) menyatakan pandangan berbeda, (2) memberikan penjelasan dan (3) mencari kesepakatan. Bagian transkrip hasil wawancara yang paling banyak terlihat dalam konteks sosial adalah mencari kesepakatan sebanyak 56%, menyatakan/ menafsirkan pandangan yang berbeda sebanyak 28%, dan memberikan penjelasan sebanyak 16%.

Keywords


Pemecahan Masalah, Metakognisi, Konteks Sosial.

Full Text:

PDF

References


Goos, M., Galbraith, P. & Renshaw. P. 2002. Socially mediated metacognition: creating collaborative zones of proximal development in small group problem solving. Educational Studies in Mathematics, 49, 193-223.

Flavell, J. H. 1976. Metacognitive aspect of problem solving. In. L. B. Resnick (Ed.), The nature of intelligence. Hillsdale, NJ: Erlbaum.

Livingston, J.A. 1997. Metacognition: An Overview; available: http://www.qse.buffalo.edu/fas/schuell/cep564/metacog.htm,

Magierra & Zawojeswki. 2011. Characterizations of Social-Based and Self-Based Context Associated with Student’s Awareness, Evaluation and Regulation of Their Thinking During Small-Group Mathematical Modeling. Journal for Research in Mathematics Education, 42 (5): 486-520.

Ozsoy, Ataman. 2009. The effect of metacognitive strategy training on mathematical problem solving achievement: IEJEE vol 1 issue 2 diakses April 2013.

Panoura, A. dkk. 2005. Young Pupil’s Metacognitive Ability In Mathematics, European Mathematics, Departeman Of Education, University of Cyprus,Cyprus.

Tim SSC Intersolusi. 2011. Olimpiade Matematika SMA. Yogyakarta: Erlangga.

Wilson C & Clarke D. 2004. Towards the Modeling of Mathematical Metacognition. Mathematics Education Research Journal vol 16, No.2, 25-48.




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Baiq Yuni Wahyuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.