Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning Tipe Modeling untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 3 Mataram

Asmawati Asmawati

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui apakah metode CTL (contextual teaching and  Learninng) tipe modelling dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIA-5 tahun pelajaran 2017/2018 pada semester 1 dalam membaca Alquran materi Tajwid dan Hukum Nun Sukun. Metode modeling dapat meningkatkan kemampuan siswa karena dapat secra langsung melihat dan mendengan temannya dalam membaca Alquram surat Al Hujarat ayat 10 s.d 12. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Mataram menggunakan 2 siklus. dengan prosedur Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode contextual teaching and learning tipe modeling dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pada pelajaran agama islam dan budi pekerti pada materi alquran tajwid dan hukum nun sukun.

 


Keywords


CTL, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Ahmad D. Marimba. 1998. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung :Al-Ma’arif

Chabib Thoha, dkk. 2004. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Departemen pendidikan dan kebudayaan. 2004. Kurikulum dan Standar Kompetensi SMA mata pelajaran agama islam. Hlm: 238

H.D. Sudjana S. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production

M. Basyirudin Usman, 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta : Ciputat Pers

M. Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

M. Dahlan Ya’kub al Barry. 1994. Kamus Ilmiah Popular. Surabaya : Arkola

Muhammad Noor, dkk. Al-Qur’an Al-Karim. Semarang : PT Karya Toha Putra hlm.480. juz 30.

Muhaimin, et.al. 2002. Paradigma Pendidikan Islam (upaya mengefektifkan pendidikan agama islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Moh. Daud Ali, 2004. Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Mode Pidarta. 1997. landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan bercorak Indonesia. Jakarta : PT Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Asmawati Asmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.