Genre-Based Indonesian Language Learning Scientific Approach and Method
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha I.D.. (2020). Kemampuan Memproduksi Teks Anekdot melalui Metode Saintifik Siswa Kelas X di Kota Mataram. Laporan Penelitian Hibah Penelitian Tesis Magister 2020, Universitas Mataram.
Ali, Armadi. (2017). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di SD.
Jurnal Autentik, Vol. 1, No.1 (2017), h. 57.
Blackwell, John and Jan Martin. (2011). A Scientific Approach to Scientific Writing. Springer New York Dordrecht Heidelberg London.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit
Gava Media.
Gelman, R., & Brenneman, K. (2004). Science Learning Pathways For Young Children.
Early Childhood Research Quarterly, 19(1), 150–158. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ecresq.2004.01.009
Gyllenpalm, Jakob and Per-Olof Wickman. (2010).Teacher’S Language on Scientific Inquiry: Methods of Teaching or Methods of Inquiry?. Article in International Journal of Science Education (IJSE).
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor Galia Indonesia.
Kurinasih, Imas. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata
Pena.
Karar, E. E. dan Yenice, N. (2012). The investigation of scientific process skill level of
elementary education 8th grade students in view of demographic features. Procedia Social and Behavioral Sciences.
Kerlinger, Fred N. (1993). Foundation of Behavior Research. Third Edition (Terjemahan oleh L.R Simatupang). Yogyakarta: Gajah Mada University.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks dalam Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia
SMA/MA/SMK Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah-langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, E. Dan Kurniawan, Endang. (2016). Jenis-jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah
Kaidah Kebahasaan untuk SMP/MTs. Bandung: Yrama Widya.
Lazányi, K. R. (2012). Study For Nothing? Literature Overview Of Labour Market
Opportunities For Individuals With Tertiary Education. Proceedings Of Fikusz’12 Symposium For Young Researchers, 1991, 37–45.
Machin A., (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan
konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA
Indonesia http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013. Depok: Rajawali Pers, RajaGrafindo Persada.
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajawali Pers, Raja Grafindo Persada.
Mahsun. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: Rajawali Pers, RajaGrafindo Persada.
Mahsun, Johan Mahyudi, (2017). Kemampuan Siswa Memproduksi Teks dengan Metode Saintifik. Laporan Penelitian PNBP Universitas Mataram.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2015). Pemebelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rosmayanti N.I. .(2020). “Kemampuan Memproduksi Teks Eksposisi dengan Metode Saintifik Berbasis Proyek Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Mataram.Draf Tesis S2 Universitas Mataram.
Suja, I Wayan. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Disampaikan pada Seminar
Doktor Berbagi dengan tema: “Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Abad XXI” yang diselenggarakan oleh LPPPM Universitas Pendidikan Ganesha pada hari Selasa, 12 November 2019.
Suryati, Susi dan Hazairin Eko P. (2018). The Implementation of Scientific Approach Teaching Recount Text to the Tenth Grade Students of Vocational School. Dalam Journal of Language and Language Teaching (JELLT),Vol.2, No. 1:39-45.
Sarwanti, Sri. (2016). Scientific Method in English Language Teaching. Dalam Jurnal Transformatika, Volume 12, Nomor 1, Maret 2016: 60-75.
Zalim, M. (2017). Implementing Scientific Approach to Teach English at Senior High School in Indonesia. Dalam Asian Social Science 13(2): 33.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v9i2.7404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.