Predict Observe Explain Learning Model : Implementation and Its Influence on Students’ Critical Thinking Ability and Learning Outcomes (A Meta-Analysis Study)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, C., & Surya Anggara, D. (2021). Analisis pemahaman konsep ipa siswa pada pembelajaran predict-observe-explain ditinjau dari rasa ingin tahu siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas, 7(1). 52-61. Https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2463.
Ai linda nurmalasari, asep kurnia jayadinata, m. (2016). Pengaruh strategi predict observe explain berbantuan permainan tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gaya. Jurnal pena ilmiah, 1(1), 181–190. ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2952/1978.
Algiranto. (2018). Penerapan model pembelajaran poe (prediction, observation, explanation) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas x 1 sma negeri 1 padang ulak tanding tahun pelajaran 2016 / 2017. In quantum: seminar nasional fisika, dan pendidikan fisika, 25, 287–292. Seminar.uad.ac.id/index.php/quantum
Amaliyah, m., & nasrudin, h. (2019). Melatihkan keterampilan critical thinking peserta didik melalui strategi predict observe explain (poe) pada materi kesetimbangan natural science kelas xi senior high schooln 11 surabaya training of critical thingking skill s throught the implementation of predict observe explain (poe) strategys on chemical equilibrium for matter class xi senior high schooln 11 surabaya. In unesa journal of chemical education, 8 (3). 313-319. Https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education.
Amirullah, g., suciati, r., susilo, s., & handayani, d. (2019). Pengaruh strategi predict observe explain (poe) terhadap kemampuan critical thinking siswa. Biodik. 5(2). 173–180. Https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7165.
Dari, f. W., & ahmad, s. (2020). Model discovery learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan critical thinking siswa elementary school. Jurnal pendidikan tambusai. 4(2). 1469–1479. Https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.612.
Delita, d., rasyid, a., & sugandi, k. (2022). Penerapan model pembelajaran predict observe explain (poe) terhadap keterampilan critical thinking siswa senior high school pada konsep sistem pencernaan manusia. In mirabilis journal of biology education. 1(1). 48-57. Https://ejournal.papanda.org/index.php/jm.
Elistiana safitri*, kosim, a. H. (2019). Pengaruh model pembelajaran predict observe explain (poe) terhadap hasil belajar ipa fisika siswa smp negeri 1 lembar tahun ajaran 2015/2016. Jurnal pendidikan fisika dan teknologi, 5(2), 197–204. Https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i2.825.
Elselia, helsi. (2021). Penggunaan strategi p.o.e untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jurnal syntax transformation. 2(2). 197–203. Https://doi.org/jurnal syntax transformation.
Guna utama, e., lasenior high schoolwan, w., suma, k., study, p., & dasar, p. (2019). Pengaruh model pembelajaran poe (predict, observe and explain) terhadap keterampilan proses sains siswa elementary school kelas v ditinjau dari keterampilan metakognitif. Jurnal pendidikan dan pembelajaran natural science indonesia. 9(2). 43-52. Http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_natural science/index.
Hardina aldira, siti, s., sulistina, l., rahmatin, a., & sucipto, lalu. (2021). Adobe flash sebagai media pembelajaran mathematics berbasis android dalam meningkatkan learning outcome: sebuah meta analisis. Jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan mathematics (jp3m). 4(2). 71–80. Https://journal.rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/459.
Ika inayah, a., aguk wardoyo, a., & jember, u. (n.d.). Edustream: jurnal pendidikan dasar pengaruh model pembelajaran predict observe explain terhadap higher order thinking skills siswa pada kelas iv sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(2). 114-119. https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p112-119.
Ikhfa, h, a., priyono, a., prasetyo, b., & subali, b. (2020). Predict-observe-explain strategy with group investigation effect on students’ critical thinking skills and learning achievement article info. Journal of primary education, 9(1), 75–83. Https://doi.org/10.15294/jpe.v9i1.29109.
Islamiyah, b. M. W., al idrus, s. W., & anwar, y. A. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran predict, observe and explain (poe) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Chemistry education practice, 2(2), 14. Https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1294.
Khilyatin ula, f., khoiri, n., akmalia, h. A., biologi, j. P., sains, f., & teknologi, d. (2022). Pengaruh predict-observe-explain terhadap higher order thinking skills siswa pada materi plantae. Jurnal program study pendidikan biologi. 12(2). 92-101. Https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i2.20121.
Lantik, v., yudhawardana, h., & fangidae, n. G. (2019). Perbedaan kemampuan critical thinking siswa setelah penerapan model pembelajaran search solve create and share (sscs) dan predict observe explain (poe) dengan metode reflective thinkingdalam pembelajaran fisika. Jurnal mathematics & ilmu pengetahuan alam. 19(1). 80-91. Http://jurnalfkipundana.id/.
Larasati, l., poerwanti, j. I. S., & surya, a. (2018). Improved critical thinking skills on science learning by appllyng the predict, observe, explain (poe) model. Social, humanities, and educational studyes (shes): conference series. 1(1). 403–413. Https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23440.
Linda ayu kusumaningsih, fakhriyah, f., & roysa, m. (2020). Penerapan model predict observe explain berbantuan media scrapbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sd. Progres pendidikan, 1(3), 185–192. Https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.24.
Lusiana, l., & tuti zubaidah, dan. (2020). Kemampuan critical thinking siswa melalui strategi pembelajaran prediction-observation-explanation (poe) di kelas viii junior high schooln 18 banda aceh. Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan mathematics. 5(1). 25–32. Https://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-mathematics.
Mansurah, r., wahyuningsih, s., insani, n., & syaharuddin. (2021). Meta-analisis: model kooperatif two stay two stray terhadap learning outcome. Elementary. 4(2). 97–102. Http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary.
Nasrun, n., faisal, f., & feriyansyah, f. (2018). Pendampingan model pembelajaran inovatif di sekolah dasar kecamatan medan selayang kota medan. Jurnal pengabdian kepada masyarakat. 24(2). 671. Https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10359.
Nur hayati, m., aji fatkhurrohman, m., & kunci, k. (n.d.). Jurnal pendidikan mipa pancasakti pengaruh poe berbasis blended learning terhadap high order thingking skill (hots) peserta didik smp. Online) jpmp, 4(1), 1–11. https://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1516.
Nurfadilah, n., asra, r., & syaiful, s. (2022). Pengaruh model pembelajaran predict observe explain dan motivasi terhadap higher order thinking skills siswa pada mata pelajaran biologi smpn 9 merangin. Biodik, 8(2), 181–190. Https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.12064
Okta nurfiyani, i., suharsono, s., & faisal mustofa, r. (2019). Pengaruh model pembelajaran poe(predict-observe-explain) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritispeserta didik pada konsep keanekaragaman hayati. Biosfer : jurnal biologi dan pendidikan biologi, 4(2), 67–72. Https://doi.org/10.23969/biosfer.v4i2.1928
Ponna, a. S. A., suratman, a., & sugilar, h. (2022). Kemampuan berpikir kritis melalui metode predict-observe-explain berbantuan aplikasi kahoot. Jurnal perspektif, 6(1), 41. Https://doi.org/10.15575/jp.v6i1.166.
Putra erawan, r., solikha, atus, sa, s., arum listyowati, h., sunan gunung djati bandung, n., pendidikan biologi, p., & islam negeri sunan gunung djati bandung, u. (2022). Analisis keterampilan critical thinking menggunakan model pembelajaran poe berbantu liveworksheets pada materi perubahan lingkungan. 32(2).109-114. Https://doi.org/10.24235/ath.v%vi%i.11802.
Ratnawati, d., handayani, i., & hadi, w. (2020). Pengaruh model pembelajaran pbl berbantu question card terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp the influence of pbl model assisted by question card toward mathematic critical thinking in jhs. Jurnal pendidikan matematika, 10(01), 46.https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683.
Rini, a. P., suryani, n., & fadhilah, s. S. (2018). Development of the predict observe explain (poe)-based thematic teaching materials articl e in fo abstract. International Journal of Educational Research Review. 1(4). 1-7. https://doi.org/10.24331/ijere.458067
Salsabila, marina, n., marhamah, & arafat lubis, m. (2022). Implementasi model pembelajaran poe di sekolah dasar. Dirasatul ibtidaiyah. 2(1). 27–42. Https://doi.org/https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5615.
Shafariani fathonah, f. (2016). Penerapan model poe (predict-observe-explain) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 1(1), 171–178.https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9070.
Shofiah, 1)ria inayatush, bektiarso, 1)singgih, & supriadi, 1)bambang. (2017). Penerapan model poe (predict-observe-explain) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar ipa dan retensi siswa di smp. Jurnal pembelajaran fisika, vol 6(no. 4), hal 356–363. 6227-301-12667-1-10-20171214.pdf.
Ula, f. K., khoiri, n., & akmalia, h. A. (2022). Pengaruh predict- observe-explain terhadap higher order thinking skills siswa pada materi plantae. Jurnal bioedoin. 0417(2), 92–101. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/bioeduin/article/view/20121.
Ulya ulpa, s., hidayat, s., nuraini, n., biologi, p., keguruan, f., pendidikan, i., palembang, u. M., yani, j. A., palembang, u., & selatan, s. (2019). Pemberdayaan kemampuan critical thinking siswa kelas viii melalui model pembelajaran predict observe and explain (poe) empowerment of students’ critical thinking ability in grade viii through poe (predict observe and explain) learning model, 3(1).43-48. Http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio.
Wahyuni, s., ibrahim, m., ratu, h., & negara, p. (2022). Sebuah meta-analisis : metode support vector machine dan modifikasinya dalam peramalan time series data. Seminar nasional lppm ummat, 1, 17–26. Https://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm.
Yohansa, m. (2018). Perbandingan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar menggunakan model predict observe explain dan model novick pada pembelajaran mathematics di junior high school negeri 20 jakarta. Jurnal mathematics dan pendidikan mathematics, 3(1), 33–46. Https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.81.
Yupani, n. P. E., garminah, n. N., & mahadewi, l. P. P. (2013). Pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain (poe) berbantuan materi bermuatan kearifan lokal terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv. Mimbar pgsd undiksha, 1(1), 1–12. Https:// adminjurnal,+334%20(1).pdf.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v9i2.7388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.