Teaching Reading Strategies for Students at FPBS IKIP Mataram

Lalu Gd Sumaryani

Abstract


Ini membahas analisis strategi bacaan untuk mahasiswa FPBS IKIP Mataram. Semoga bermanfaat pengembangan pendidikan dan materi dalam pemahaman bacaan dan siswa menjadi bahasa Inggris yang baik guru. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendapatkan dan menganalisis data; dan subjek penelitiannya adalah dua puluh siswa Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Akibatnya, dalam strategi kognitif Ada 19 siswa yang dipekerjakan sumber, 6 siswa yang dipekerjakan meringkas, 4 siswa dipekerjakan terjemahan. 1 pengelompokan yang dipekerjakan oleh siswa, 1 siswa menggunakan citra dan 1 siswa bekerja untuk pendengaran representasi, dan sisanya tidak menggunakan strategi apapun. Strategi Meta-kognitif terdiri dari tujuh bagian; 5 Siswa menggunakan evaluasi diri, 4 siswa menggunakan organisator canggih, dan 3 siswa menggunakan selfmonitoring dan sisanya tidak menggunakan strategi itu sama sekali. Strategi sosial atau afektif terdiri dari dua macam strategi pembelajaran; pertanyaan untuk klarifikasi dan kerjasama. Ada 12 siswa yang bekerja sama dan 2 siswa mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi. Jadi evaluasi diri secara dominan digunakan sebagai subkategori Strategi meta-kognitif, sumber daya adalah yang paling dominan digunakan sebagai subkategori kognitif strategi, dan kerjasama secara dominan digunakan sebagai strategi sosial atau afektif. Artinya sebagian besar siswa masih membutuhkan lebih banyak strategi untuk mendapatkan pemahaman yang baik dalam pemahaman bacaan guna memecahkan masalah yang mereka hadapi dalam proses membaca belajar mereka.

Keywords


Strategi Belajar, Strategi Kognitif, Metakognitif, Sosial atau Afektif.

Full Text:

PDF

References


Cochran.2008.Pedagogical Content

Knowledge : A Tentative Model for

Teacher Preparation. Education

Resources Information Center.

(Online).

(http://eric.ed.gov/?id=ED340683)

Lalu Gd Sumaryani KM, Teaching Reading Strategies

Alderson, J. Charles, and Bachman, Lyle F.

(2000). Assessing Reading.

Cambridge: Cambridge University

Press.

Berardo,A.S, (2006) The Use of Authentic

Materials in the Teaching of

Reading. The Reading Matrix.

Burns, P. C., Betty, D. Roe, & Elinor. P.

Ross. (1996). Teaching Reading in

Todays Elementary School (6th –

Ed). Boston: haughton Miffing

Company.

Chamot, A.U.( 2005). Language Learning

Strategy Instruction: Current Issues

and Research. Annual Review of

Applied Linguistics, 25, 112-130.

Cox, C. (1999). Teaching Language Arts. A

students-and Response-centered

Classroom. Third Edition. (Needham

Heights, Ma: Allyn and Bacon).

Cohen, A.D. & Macaro,E. (Eds.). 2007.

Language Learner Strategies: Thirty

Years of Research and Practice. New

York: Oxford University Press.

Carrell, P. L. (1984). The effects of

rhetorical organization on ESL

readers. TESOL Quarterly, 18.

Denzin, Norman K. and Lincoln, Yvonna S.

(1998)The Landscape of Qualitative

Research: Theories and Issues.

California: SAGE Publications, Inc.

Grabe, William. (2008). Reading in a

Second Language: Moving From

Theory to Practice. Cambridge:

Cambridge University Press.

Harmer, J. (2001). The Practice of English

Language Teaching. Third Edition

Completely Revised and Updated.

Malaysia; Pearson Education.

Lee Kyung Ok. (2003). “The Relationship

of School year, Sex and Profficiency

on the Use of Learning strategies in

Learning English of Korean Junior

High School Students”. British

Virgin Islands: Asian EFL Journal,

Volume 8, Number 4.

Nunan, D (1991). Language Teaching

Methodology. Great Britain: Prentice

Hall International Ltd.

Nunan, D (2003). Principles of Teaching

English. New York: Pretince Hall.

O‟Malley, et al (1985). Learning Strategy

Applications with Students of

English As A Second Language.

TESOL Quarterly 19 (3),pp 557-58

O„Malley, J.M. and Chamot, A.U. (1990).

Learning Strategies in Second

Language Acquisition. Cambridge:

Cambridge University Press

Oxford, R.L (1990). Language Learning

Strategies: What Every Teacher

Should Know. New York: Newbury

House.

Ozek, Yesim and Cievelek, Muharrem.

(2006). “A study on the Use of

Cognitive Reading Strategies by ELT

Students”. The Asian EFL Journal.

Professional Teachers Articles.

August 2006.

Patrikis, Peter C. (2003). Reading Between

the Lines: Perspective on Foreign

Language Literacy. London: Yale

University Press.

Rivers, W. M. (1981). Teaching Foreign

language Skill. Chicago: The

University of Chicago Press.

Scarcella, R. C & Oxford, R.L. (1992). The

tapestry of Language Learning: The

Jurnal Kependidikan 15 (2): 151-158

individual in the Communicative

Classroom. Boston: Heinle

Publishers.

Wasman, R and Rinsky, L.A. (1993)

Effective Reading in Changing

World. Great Britain: Prentince Hall

College.

Zhang, L. J. (2002). “Exploring EFL

Reading as Metacognitive

Exprience: Reader Awareness and

Reading Performance”. Asian

Journal of English Language

Teaching. 12(pp.65-90




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v1i2.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Lalu Gd Sumaryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.