Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (ENGLISH)References
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Ariani, D. (2018). Komponen Pengembangan e-learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 58–64.
Arifin, S., & Muslim, M. (2020). TANTANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN “MERDEKA BELAJAR, KAMPUS MERDEKA” PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM SWASTA DI INDONESIA. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 3(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/JSGP.4.1.2021.591
Fachrissal, F. (2020). “Merdeka Belajar–Kampus Merdeka” Dalam Pemikiraan Ki Hadjar Dewantara dan KH Ahmad Dahlan. Seminar Nasional Seni Dan Desain …. https://proceedings.sendesunesa.net/pt/publications/333150/merdeka-belajar-kampus-merdeka-dalam-pemikiraan-ki-hadjar-dewantara-dan-kh-ahmad
Firman, F., Sari, A. P., & Firdaus, F. (2021). Aktivitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Berbasis Konferensi Video: Refleksi Pembelajaran Menggunakan Zoom dan Google Meet. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 130–137. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.969
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503
Ismail, I. (2020). Ambisi dan Kemampuan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni dalam Implemtasi Kampus Merdeka. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2020. https://proceedings.sendesunesa.net/id/publications/333154/ambisi-dan-kemampuan-mahasiswa-jurusan-pendidikan-seni-dalam-implemtasi-kampus-m
Juniartini, I. R. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19 1Nme. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3537
Kemal, E., Tawandorloh, K.-A., Giawa, E. S. P., Sandra, H. K., Rusdi, F. R., & Adela, A. P. (2021). AN ANALYSIS OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA IN THE INTERNATIONAL TRANSFER CREDIT PROGRAM. Journal of Asian Studies: Culture, Language, Art and Communications, 2(1), 48–55. https://journal.haqipub.com/index.php/jas/article/view/24
Kemdikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Krishnapatria, K. (2021). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Curriculum in English Studies Program: Challenges and Opportunities. ELT in Focus, 4(1), 12–19. https://journal.unsika.ac.id/index.php/ELTINFOCUS/article/view/5276
Maqableh, M., & Alia, M. (2021). Evaluation online learning of undergraduate students under lockdown amidst COVID-19 Pandemic: The online learning experience and students’ satisfaction. Children and Youth Services Review, 128, 106160. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106160
Meidawati, Sobron, Bayu, & Rani. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. In Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204/136
Nalurita, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 Di Universitas Dirgantara Marsekal …. Jurnal Ilmiah Manajemen Surya …, 10(1). https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimspc/article/view/593
Nehe, B. M. (2021). Analisis Konsep Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Masa Pendemik di STKIP Setia Budhi Rangkasbitung 2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Setia Budhi, 1(1), 13–19. http://jurnal.stkipsetiabudhi.ac.id/index.php/prosiding/article/view/18/9
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124
Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(6), 703–712. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/5683
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2017). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 19(2), 148–152. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.21834
Shah, U. V., Chen, W., Inguva, P., Chadha, D., & Brechtelsbauer, C. (2020). The discovery laboratory part II: A framework for incubating independent learning. Education for Chemical Engineers, 31, 29–37. https://doi.org/10.1016/j.ece.2020.03.003
Sopiansyah, D., & Masruroh, S. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.47467/RESLAJ.V4I1.458
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). STUDY AT HOME: ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252
Wijiharjono, N. (2021). Akreditasi Perguruan Tinggi dan Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Sebuah Pengalaman dan Harapan. SocArXiv. https://doi.org/10.31235/OSF.IO/F9SMV
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4031
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Putri Ulfa Kamalia, Eka Hendi Andriansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.