Relasi Tanda pada Karakter Tokoh dalam Novel Rara Mendut Karya Y.B Mangunwijaya dan Kontribusinya Terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Al-Ma’ruf, A. I., & Nugraha, F. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. CV. Djiwa Amarta Press.
Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Sinar Baru.
Emzir, R., & Wicaksono, A. (2018). Tentang Sastra: Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya. Garudhawaca.
Endraswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori dan Aplikasi. Pustaka Widyatama.
Fatimah, A. A. B., Syamsudduha, S., & Usman, U. (2021). Analisis Wacana Kritis Novel Genduk Duku Karya Y.B Mangunwijaya dan Relevansinya dengan Pembelajaran Literasi Sastra berbasis Gender di SMA. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 453. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3741
Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hoed, B. H. (2011). Semiotika dan Dinamika Sosial Budaya. Komunitas Bambu.
Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Ombak.
Jabrohim. (2014). Teori Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.
Kaelan. (2009). Filsafat Bahasa Semiotika dan Hermeneutika. Paradigma.
Lickona, T. (2013). Educating for Character. Bumi Aksara.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru (diterjemahkan Tjejep Rohendi Rohidi). UI Press.
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muryati, S. (2013). Ideologi Budaya Jawa dalam Novel Genduk Duku Karya YB Mangunwijaya. 22, 11.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Kritis Multidimensional. Bumi Aksara.
Nitiasih, P. K., & Hermawan, G. S. (2018). Semiologi: Simbol, Makna, dan Budaya. PT. Raja Grafindo Persada.
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori pengkajian fiksi.Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, B., & Efendi, A. (2013). Prioritas Penentuan Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sastra Remaja. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1626
Nurrachman, D. (2017). Teks Sastra dalam Perspektif Semiotika Pragmatis Charles Sanders Peirce. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(1), 83–88. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i1.1793
Pradopo, R. D. (2014). Beberapa Teori Sastra, Metode, Kritik, dan Penerapannya. Pustaka Pelajar.
Salahuddin, A., & Alkrienciehie, I. (2013). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Pustaka Setia.
Septiana, H. (2019). Perempuan Jawa Dalam Novel Rara Mendut Karya Y.B. Mangunwijaya. 6(1), 15.
Sobur, A. (2013). Semiotika komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Sonesson, G. (2013). The Natural History of Branching: Approaches to the Phenomenology of Firstness, Secondness, and Thirdness. Signs and Society, 1(2), 297–325. https://doi.org/10.1086/673251
Stanton, R. (2007). Teori fiksi Robert Stanton. Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Syarif, N., Tang, M., & Usman, U. (2021). Idealisasi Nilai Pendidikan Lingkungan dalam Novel Anak Rantau (Kajian Ekokritik). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 306-313. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3735
Tang, M. R. (2008). Mozaik Dasar Teori Sastra Dalam Penampang Objektif (1 ed.). Badan Penerbit UNM.
Teeuw, A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra. PT. Dunia Pustaka Jaya.
Wibowo, E. (2017). Makna Semiotik dalam Novel Anomie Karya Rilda A. OE. Taneko. 6(2), 13.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Prenadamedia Group.
Zoest, A. van. (1993). Semiotika Tentang Tanda, Cara Kerjanya dan Apa yang Kita Lakukan Dengannya. Yayasan Sumber Agung.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nurwahidah Nurwahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.