Peran Kepala Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Akhmad Soleh, (2014), “Kebijakan Perguruan Tinggi Negeri Yogyakarta Terhadap penyandang Disabilitas”, PPCI DIY : Jurnal Pendidikan Islam, Vol. IIII, Nomor 1. Pp 8-9.
Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 361-371. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3730
Bailey, J. & Plessis, D. (2006). Understanding principals’ attitudes towards inclusive schooling. Journal of Educational Administration, 35(5), 428–438. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1108/095782397101 84574.
Chopra, R. (2008, September 3-6). Factors influencing elementary school teachers’ attitude towards inclusive education. British Educational Research Association Annual Conference, Heriot-Watt University, Edinburgh, Scotland. http://www.leeds.ac.uk/educol/documents/174842.pdf
Dinar Westri Andini, (2018) Pandangan Kepala Sekolah mengenai Pendidikan Inklusif dan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar DIY, Juranal Taman Cendekia, Vol. 02, Nomor. 02, hlm, 249.
Downing & Peckhamhardin, (2007). Inclusive Education: What Makes it a Good Education for Student with Moderate to Severe Disabilities, Sage journal, https://doi.org/10.2511/rpsd.32.1.16.
E. Mulyasa. (2011). Memahami dan Memaknai Pendidikan Karakter. Nusantara Education Riview. Vol. 5. Nomor 1, 23.
Isosompi, L. & Leivo, M. (2015). Becoming an Inclusive Teacher at the Interface of School and Teacher Education. Procedia - Social and ehavioral Sciences, 171, 686–694. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01 .178
Foreman, (2005). Inclusion in action, South Melbourne: Thomson.
Fitriatun, E., & Nopita, N. (2017). Gambaran Implementasi Pendidikan Inklusif di Kota Mataram Dilihat dari Sikap Guru yang Mengajar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(2). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v3i2.477
Indiyanto. (2013). Implementasi Pendidikan Inklusif. Surakarta: FKIP UNS.
Johandri Taufan dan Fachri Mazhub, (2014) Kebijakan-kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Sekolah X Kota Jambi, Universitas negeri Padang, Vol. 14, Nomor 1, 64.
Kustawan, Dedy dan Meimulayni, Yani. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus serta Implementasinya. Jakarta Timur: Luxima Metro Media. 124.
Musyafira, I., & Hendriani, W. (2021). Sikap Guru Dalam Mendukung Keberhasilan Pendidikan Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 75-85. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3105
Sasadara Wahyu Lukitasari, Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 4, Nomor 2, 2017. 121.
Smith, J David. (2014). Sekolah Inklusi Konsep dan Penerapan Pembelajaran. (Penerjemah: Denis, Ny. Enrica) Bandung: Nuansa Cendikia. 402.
Syafaruddin, (2008), Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif, Jakarta: Rineka Cipta, 88.
Ni’matuzahroh dan Yuni Nurhamida, (2016), Individu berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, (Malang: UMM), 44.
Nasution. (2003), Metode penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 2 Tahun 2016.
Sugiyono, (2013), Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 89.
Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan Dan Memiliki Potensi Kecerdasan Dan Bakat Istimewa. 2009. Jakarta: Permendikna
UNESCO. (1994). The Salamanca Statement and Framework for action on special needs education: adopted by the World Conference on Special Needs Education; Access and Quality. Salamanca, Spain, 7-10 June 1994: UNESCO.
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers. 88.
Wulandari, R., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 143-157. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Luk Luk Yata Lalak Muslimin, Muqowim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.