Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S dan Suhardjono. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariswono Djoko, dkk. (2006). IPA (Fisika, Biologi, Kimia). Bandung: Grafindo Media Pratama.
Depdiknas. (2005). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Firdaus, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol 5 (1): 96104.
Kanginan M. (2006). IPA Fisika untuk SMP kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Johariah, B. (2018). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PPKn Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas VII-E SMP Negeri 5 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 16(2).
Mahartati, I. G. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik dengan Mengoptimalkan Penerapan Model Discovery Learning di SD Negeri 3 Cakranegara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 16(2).
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suprijono, A. (2013). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Yuliati, G. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Batukliang Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 17(1).
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Isnawati Israil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.