Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Hukum Kekekalan Energi dengan Menggunakan Media Gayus di Kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Tanjung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adesoji, A. & Ibraheem, T. L. (2009). Effects of student teams achievement divisions strategy and mathematics knowledge on learning outcomes in chemical kinetics. The Journal of International Social Research. 2 (6). 15-25.
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dikici, A. & Yavuzer, Y. (2006). The effects of cooperative learning on the abilities of pre-service art teacher candidates to lesson planning in Turkey. Australian Journal of Teacher Education. 31 (2). 36-44.
Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Armiyani, N. N. (2003). Efektivitas model pembelajaran kooperatif STAD dengan alat peraga dalam pembelajaran Fisika di SLTP N 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2002/2003. Skripsi (tidak diterbitkan). IKIP Negeri Singaraja.
Fang, R. J., Cheng, T. W., Li, I. W., Tsai H. L., & Chen, H. C. (2009). The research on science and technology area incorporated with the local education of the cooperative learning. International Journal of Education and Information Technologies. 3 (3). 153-162.
Hanuscin, D. L. (2007). Collaborative action research to improve classroom assesment. Journal Physics Teacher Education Online. 4 (2). 191-204.
Iskandar. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Karim, S dkk. (2008). Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar untuk Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas.
Koswara, Deni & Halimah. 2008. Bagaimana Menjadi Guru Kreatif. Bandung: Pribumi Mekar.
Maloof, J & White, V. (2005). Team study training in the college Biology laboratory. Journal of Biological Education. 39 (3). 120-124.
Mulyasa, E. (2008). Kurikulum berbasis kompetensi: Konsep, karakteristik, dan implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution, N dkk. (1998). Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Prihatin, Eka. (2008). Guru sebagai Fasilitator. Bandung: Karsa Mandiri Persada.
Raka, G dkk. (2011). Pendidikan berkarakter di Sekolah: dari gagasan ke tindakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Santyasa, I W. (2005). Belajar dan pembelajaran. Buku ajar (tidak diterbitkan). IKIP Negeri Singaraja.
Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutarto. (2006). Moving class dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar. Artikel. Tersedia pada www. www.al-izhar-jkt.sch.id.
Susilo, M. J. (2007). Kurikulum tingkat satuan pendidikan: Manajemen pelaksanaan dan kesiapan sekolah menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tika, Ketut. (2008). Penerapan Model PBL berorientasi kinerja dalam pembelajaran Fisika untuk meningkatkan kompetensi kinerja ilmiah siswa SMA N 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha N0 3 Tahun XXXXI Juli 2008.
Zakaria, E. & Iksan, Z. (2007). Promoting cooperative learning in science and mathematics education: A Malaysian perspective. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (1). 35-39.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ni Made Ayu Sumaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.