Local Wisdom of The Larung Tumpeng Tradition in Telaga Sarangan : A Resource for Learning Biodiversity and Developing Argumentation Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinugraha, F., & Ratnapuri, A. (2020). Modul Keanekaragaman Hayati Dengan Pendekatan Kearifan Lokal Dan Budaya Di Kabupaten Purworejo. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 5(1).
Andriani, D., & Hadijah, St. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kuliner Etnis Sulawesi Selatan bagi Mahasiswa Program Studi Vokasi Perhotelan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 86. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3160
Anwar, Y., Susanti, R., & Ermayanti. (2019). Analyzing scientific argumentation skills of biology education students in general biology courses. Journal of Physics: Conference Series, 1166(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1166/1/012001
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rinneka Cipta.
Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40–51. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb
Dewi, I. N., Poedjiastoeti, S., & Prahani, B. K. (2017). Elsii Learning Model Based Local Wisdom To Improve Students’ Problem Solving Skills And Scientific Communication. International Journal of Education and Research107, 5(1), 107–118. www.ijern.com
Ekanara, B., Hilmi, Y., & Hamdiyati, Y. (2018). Hubungan Kemampuan Penalaran Dengan Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Melalui Pbl (Problem Based Learning). Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 13(2).
Fitria, V. N., & Lisdiana, L. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Microsoft Office Sway Pada Materi Jamur Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(3), 662–671. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Hidayati, P. P., Ahmad, A., & Inggriyani, F. (2018). Penggunaan Formula Grafik Fry untuk Menganalisis Keterbacaan Wacana Mahasiswa PGSD. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 116. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11496
Hunaepi, Firdaus, L., Samsuri, T., Susantini, E., & Raharjo. (2020). Implementasi Worksheet Inkuiri Terintegrasi Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1), 158–169.
Karlina, G., & Alberida, H. (2021). Kemampuan Argumentasi Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2
Kusumaningtyas, D., & Handayani, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran digital berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 45–54.
Mahrawi, Wahyuni, I., As-syifa, A. M., & Pramono, H. (2023). Pengembangan E-Book Berbasis Android Pada Materi Protista. Edukasi: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 146–156.
Muhammad, M., Rahadian, D., & Safitri, E. R. (2017). Penggunaan Digital Book Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Membaca Pada Pelajaran Bahasa Arab. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 170–182.
Nahriyah, A. S., & Rachmadiarti, F. (2023). Development of PBL Based E-Books in Environmental Change Topic to Train Critical Thinking Skills of 10th Grade Students in Senior High School. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(2), 321–342. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Philips, M. R., & Susilo, Y. (2022). Tradisi Larung Sesaji Dan Tumpengan Dalam Acara Mapag Ruwah Di Desa Sarangan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan (Kajian Folklor). Journal Online Baradha, 18(3), 1115–1136.
Putra, J. D. A. (2020). Nilai-Nilai Pancasila Yang Terkandung Dalam Kebudayaan Upacara Larung Sesaji Di Telaga Sarangan Kabupaten Magetan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 41–45. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Ristanti, A. D., & Rachmadiarti, F. (2018). Kelayakan Buku Ajar Berbasis Etnosains Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Berpikir Kritis Siswa Smp. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 6(2), 151–155.
Suprapto, N., Prahani, B. K., & Cheng, T. H. (2021). Indonesian curriculum reform in policy and local wisdom: Perspectives from science education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 69–80. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.28438
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225.
Widhi, M. T. W., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA: Journal of Science Education, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.79-91
Yuni, E., Dwi, W. ;, Sudjimat, A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. 1.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v11i1.13585
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.