Hubungan Pemahaman Diri dengan Sikap Percaya Diri Pada Siswa Kelas VIII SMPN 7 Woja

Oni Irma Suryani, I Made Gunawan

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the correlation between self-understanding and self-
confidence at the eight grade students of SMPN 7 Woja at Dompu District in academic year 2017/2018. Data
collection technique used questionnaires as the main method and observation, documentation, and interviews as complementary methods. Data analysis technique used product moment correlation statistical analysis. The results of data analysis obtained 0.949. This indicateed that the calculated value was greater than r-table at the 5% significance level with the number N = 57 students, or (r count 0.949> r table 0.266). Based on these results, the null hypothesis was rejected (Ho) and the alternative hypothesis (Ha) was accepted. Thus, it can be concluded that there is a correlation between self-understanding and self-confidence at the eight grade students of SMPN 7 Woja at Dompu District in academic year 2017/2018.

 

Abstrak: Pemahaman diri merupakan gambaran yang dimiliki diri individu tentang dirinya yang dibentuk
melalui pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari interaksi, dengan lingkungan, sedangkan Percaya diri
adalah salah satu aspek kepribadian yang penting pada seseorang. Tanpa adanya kepercayaan diri akan banyak menimbulkan masalah pada diri seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemahaman diri dengan sikap percaya diri pada siswa kelas VIII SMPN 7 Woja Kabupaten Dompu Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam angket sebagai metode pokok dan observasi, dokumentasi, serta wawancara sebagai metode pelengkap dan analisis data menggunakan analisis statistik korelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh 0,949. Hal ini menunjukkan bahwa nilai r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah N = 57orang, atau (r hitung 0,949 > r tabel 0,266). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesi nihil ditolak (H 0 ) dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan bahwa “Ada hubungan pemahaman diri dengan sikap percaya diri pada siswa kelas VIII SMPN 7 Woja Kabupaten Dompu tahun pelajaran 2017/2018.


Keywords


Pemahaman Diri; Sikap Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


Agus Abdul Rahman. 2013. Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Radja Rafindo

Persada.

Dariyo, Agoes. 2011. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT. Refika Aditama.

Fatimah, Enung. 2010. ”Psikologi Perkembangan”. Bandung: CV.

Pustaka Setia. Feist & Feist.

Gufron.dan S, Rini Risnawati. 2014. ”Teori-Teori Psikologi”. Jakarta: Ar-Ruzz Niedia.

Hendrianti Agustiani. 2006. Psikologi perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: PT.

Refika Aditama Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabet Bandung




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Oni Irma Suryani, I Made Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.