Peningkatan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Word Square pada Siswa Kelas VA SD Inpres Iligetang

Lukas Bera

Abstract


Abstract: The purpose of this to improve student’s learning participation in IPS subject matter know the
significance of events Rengasdengklok after implementing the word square strategy on the students grade V at SD Inpres Iligetang. This study was conducted in two breeding cycles. Each cycle consists of 4 phases, namely planning, implementation, observation, and reflection. From the design of the research that has been drawn up and implemented researchers, then researchers have obtained data research result of each chycle that shows an increase in the participation of student learning. On the cycle of I obtained the value of study result of the student with the average value was 78,66, with the persentage thoroughness of students to study is 100%. From the data above show an increase learning outcomes student’s on the IPS subject of studies material Rengasdengklok know the significance of events after apply a strategy of learning word square. To maintain the result so carried out the cycle of II with develop indicators learning with apply a strategy I learning word square. Learning outcomes of students who obtained at cycle that is their average score is 88,70 with the presentage of student learning thoroughness 100% it is from the outcome of this research it can be conctuded that participation of students to study undergo change at that better after apply a strategy of learning word square in learning IPS material know the significance of events Rengasdengklok. Participation increased student learning because students enthusiastically and actively participate by applying learning strategies of word square.

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi mengenal pentingnya peristiwa Rengasdeng klok setelah menerapkan model strategi word square pada siswa kelas V SD Inpres Iligetang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari rancangan penelitian yang telah disusun dan dilaksanakan peneliti, maka peneliti telah mendapatkan data hasil penelitian dari masing-masing siklus yang menunjukan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai hasil belajar siswa dengan rata-rata nilainya adalah 78,66 dengan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 100%. Dari data di atas menujukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi mengenal pentingnya peristiwa Rengasdengklok setelah menerapkan strategi pembelajaran word square. Untuk mempertahankan hasil tersebut maka dilaksanakan siklus II dengan mengembangkan indikator pembelajarannya dengan menerapkan strategi l pembelajaran word square. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus II yaitu nilai rata-ratanya adalah 88,70 dengan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 100%. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa partisipasi belajar siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik setelah menerapkan strategi pembelajaran word square dalam pembelajaran IPS materi mengenal pentingnya peristiewa Rengasdengklok. Partisipasi belajar siswa meningkat karena siswa antusias
dan berpartisipasi aktif dengan menerapkan strategi pembelajaran word square.


Keywords


Partisipasi Belajar; Strategi Pembelajaran; Word Square

Full Text:

PDF

References


Deni Kurniaan. 2014. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Alfabeta Bandung.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Prinsip Belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Pembelajaran. Bandung. Rineka Cipta.

Hermawan Asep dkk, 2012. Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Igak & Kuswaya.2014. Teknik Analisis Data. Jakarta. Universitas Terbuka

Keit Davis dan Newstrom dalam Hayati. 2013. Persyaratan Adanya

Partisipasi. Universitas Terbuka.

Khariani Makmur. 2014. Prinsip-prinsip Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Kingsley dan Bloomet al. 2012. Hasil Belajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Mudjiono & Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka

Cipta.

Mujiman. 2012. Word suare. Jakarta Universitas terbuka.

Mulyadi Sri Kamulyan. 2012. Pengertian Word Square. Jakarta.vRineka Cipta.

Mulyadi Sri Kamulyan dan Risminawati. 2012. Langkah Strategi Pembelajaran. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Mulyasa. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Rineka Cipta.

Rudi Hartoni. 2013. Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Syafruddin Nurdin. 2012. Pelajaran IPS. Jakarta. Rineka Cipta.

Sardijo Didih Sugandi Iscak. 2012. Pembelajaran IPS. Universitas

Terbuka

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:

Rineka Cipta Sri Anita W. dkk. 2012. Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Lukas Bera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.