Systematic Literature Review: Bahan Tayang Interaktif Berorientasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematika
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggambarkan berbagai hasil penelitian terkait penggunaan bahan tayang interaktif dengan model flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dalam sepuluh tahun terakhir. Dalam penelitian ini, metode yang diterapkan adalah Systematic Literature Review. Data dalam penelitian ini diperoleh dari analisis yang dilakukan terhadap 32 artikel terkait penggunaan bahan tayang interaktif dengan model flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika. Selama pengumpulan data, semua artikel penelitian terkait penggunaan bahan tayang interaktif dengan model flipped classroom dianalisis berdasarkan tahun diterbitkannya artikel, jenjang pendidikan, banyaknya sampel yang digunakan, dan lokasi dilakukannya penelitian. Artikel penelitian terkait topik tersebut paling banyak diterbitkan pada tahun 2022 yakni sebanyak 8 artikel. Penelitian terkait topik tersebut paling sering dilakukan pada tingkat SMA sederajat dan SMP sederajat dengan jumlah artikel penelitian untuk masing-masing jenjangnya sebanyak 10 artikel. Sebagian besar penelitian dengan topik tersebut menggunakan sampel dengan jumlah lebih dari atau sama dengan 30 sampel. Untuk lokasi penelitian terkait topik tersebut paling sering dilakukan di daerah Jawa dengan total artikel yang diterbitkan sebanyak 14 artikel.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v12i2.13954
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Media Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.