Pengembangan Handout Matematika untuk Meningkatkan Minat Belajar
Abstract
Mahasiswa pelayaran pada tahun pertama diwajibkan mengambil mata kuliah matematika dasar atau matematika terapan. Bahan ajar yang tersedia saat ini masih bersifat umum dan belum secara spesifik memperkenalkan konsep-konsep yang relevan dengan bidang pelayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa handout yang memiliki ciri khas pelayaran guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Handout yang dikembangkan berisi materi matematika dan contoh-contoh yang berkaitan langsung dengan pelayaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat pertama. Validitas handout diuji melalui lembar validasi, sementara kepraktisan dan kemenarikannya diuji menggunakan angket respons pengguna. Efektivitasnya diuji melalui lembar soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan handout ini berhasil meningkatkan minat belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil angket respons yang mengindikasikan peningkatan minat belajar di kalangan mahasiswa pelayaran.
Keywords
handout matematika, mahasiswa pelayaran, penelitian dan pengembangan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v12i2.11705
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Media Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: