The Effectiveness of Civics Education in Applying Social Attitudes to Address Student Delinquency at Supian Membangun Silangkitang Vocational School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226
Asiyah, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Tata Nama Senyawa Sederhana dengan Model Think-Pair-Share pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lingsar. Reflection Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/rj.v2i1.846
Bakhtiar, D. B., Gani, A. W., & Rahmayanti, S. N. (2023). PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING MELALUI PEMBELAJARAN PPKN PADA SMKN 3 TAKALAR. Ash-Shahabah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), Article 1.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed). SAGE Publications.
Dharma, S., & Siregar, R. (2015). Internalisasi Karakter melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i2.2293
Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 23(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2062
Ekarini, D., Aunurrahman, & Endang, B. (2014). MODEL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI GUNA PEMEROLEHAN BELAJAR SIKAP SANTUN DAN KEMANDIRIAN ISLAMI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(12), Article 12. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8309
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Get Press.
Hunaepi, H., Samsuri, T., & Afrilyana, M. (2019). MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG.
Kirani, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2391
Klem, N.-R., Bunzli, S., Smith, A., & Shields, N. (2022). Demystifying Qualitative Research for Musculoskeletal Practitioners Part 5: Rigor in Qualitative Research. Journal of Orthopaedic & Sports Physical Therapy, 52(2), 60–62. https://doi.org/10.2519/jospt.2022.10487
Lickona, T. (2022). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara.
Mardiyanti, M., Royani, I., & Samsuri, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Gagnon And Collay Berbantuan Games Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Reflection Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/rj.v2i1.857
Minsih, M., & D, A. G. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144
Musyadad, V. F., Saputro, A. N. C., Prihatmojo, A., Salamun, S., Subakti, H., Ritonga, M. W., Rahmi, S. Y., Kato, I., Harahap, A. L., Monia, F. A., & Yulianda, A. (2022). Pendidikan Karakter. Yayasan Kita Menulis.
Mutiani, M. (2022). Kajian Empirik Pendidikan dalam Latar Peristiwa Masyarakat Tradisional, Modern, dan Era Globalisasi. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24511
Nasution, M. (2021). Pendidikan dan peran guru di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 27(1), 65–74. https://doi.org/10.24832/jpnk.v27i1.373.
Nurdiana, N., T, M. T. M., & Batia, la B. L. (2022). KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DAN DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP DISIPLIN BELAJAR IPS PADA SISWA MTs NEGERI 2 KOLAKA UTARA. Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO, 7(3), Article 3.
Pahleviannur, M. R., Grave, A. D., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., Ahyar, D. B., & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Sabarrudin, S., Silvianetri, S., & Nelisma, Y. (2022). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar: Studi Kepustakaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5240
Samsudin, S. N., Rajindra, & Tasrim, I. W. (2023). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 TOTIKUM DALAM TINJAUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL), 2(1), Article 1.
Souza, L., Camboim, K., & Alencar, F. (2022). A systematic literature review about integrating dependability attributes, performability and sustainability in the implantation of cooling subsystems in data center. The Journal of Supercomputing, 78(14), 15820–15856. https://doi.org/10.1007/s11227-022-04515-2
Suchyadi, Y., Sunardi, O., & Novita, L. (2020). KONTRIBUSI SIKAP DISIPLIN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2687
Sudarsih, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share) Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI B SDN 19 Cakranegara. Reflection Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.682
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif , untuk penelitian yg bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruksi (MPK) – Toko Buku Bandung. https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-kuantitatif-untk-penelitian-yg-bersifat-eksploratif-enterpretif-interaktif-dan-konstruksi/
Suhaili, H., & Syafwan, S. (2021). Upaya Guru PPKN dalam Meningkatkan Sikap Jujur Siswa. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31539/ijoce.v1i2.2386
Sujana, A. A., & Wijaya, R. (2023). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Melalui Penegakan Tata Tertib dan Pembelajaran PPKN di SMKN 5 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 145–159. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p145-159
Sumiati, Hunaepi, Samsuri, T., Harisanti, B. M., & Afian, T. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Persepsi Mahasiswa. Reflection Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.531
Supratiknya, A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. universitas Sanata Dharma.
Suryani, O. I., & Gunawan, I. M. (2018). Hubungan Pemahaman Diri dengan Sikap Percaya Diri Pada Siswa Kelas VIII SMPN 7 Woja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2), 188–191. https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1128
Susiyanto, M. W. (2014). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Disekolah dalam Rangka Pembentukan Sikap Disiplin Siswa. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 37081.
Sutisna, A., Magdalena, I., & Ginanjar, R. R. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SISWA KELAS V SDN KP. BULAK III PAMULANG. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1640
Wang, Y., Tang, S., Zhu, F., Bai, L., Zhao, R., Qi, D., & Ouyang, W. (2022). Revisiting the Transferability of Supervised Pretraining: An MLP Perspective. 9183–9193. https://openaccess.thecvf.com/content/CVPR2022/html/Wang_Revisiting_the_Transferability_of_Supervised_Pretraining_An_MLP_Perspective_CVPR_2022_paper.html
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i2.7458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dewi Yuliana, Junita Junita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.