An Analysis of Student Difficulties in Mathematics Learning in terms of Student Mathematical Connection Ability on Pythagoras Theorem
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2016). Tes prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cooney, T. J., Edward, D. J., & Henderson, K. B. (1975). Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Mifflin.
Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Kumalasari, A., & Putri, R. O. P. E. 2013). Kesulitan belajar matematika ditinjau dari segi kemampuan koneksi matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Laili, F. J., & Puspasari, R. (2017). Analisis kesulitan matematika siswa ditinjau dari kemampuan koneksi matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 4(1), 1-10.
Manalu, A. C. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa SMP kelas IX dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 104-113.
Menteri Pendidian dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Boston College: IEA.
Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran guided discovery di SMA Al Muttaqin. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III,. PISA: OECD Publisher.
Prastyo, H. (2020). Kemampuan matematika siswa Indonesia berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111-117.
Qabtiyah, S. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP An-Naja Bandung Barat. Journal On Education, 1(1), 22-29.
Rosyadi, A. A. (2018). Statistika Pendidikan. Malang: UMM Press.
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari koneksi matematis materi limit fungsi. 1(2), 151-164.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Wacana Akademika, 2(2), 175-185.
Siagian, M. D. (2016). Koneksi matematika dalam pelajaran matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67.
Siregar, N. R. (2016). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: Studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Walle, J. A. Van de. (2007). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. Boston: Pearson Education, Inc.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i1.3510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Viona Aida Sholeha, Risnawati Risnawati, Habibullah Habibullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.