The Effect of Double-Loop Problem-Solving Models on Students' Critical Thinking Ability
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda, A. (2016). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Logaritma, 4(1), 125-138. Retrieved from: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/view/1228
Afrizon, R., Ratnawulan, R., & Fauzi, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 1-16. Retrieved from: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/598
Anisah, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII MTs Niāmatul Aziz Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.
Fatmala, P., Dwijananti, B. & Astuti, A. (2016). Penerapan Model Double Loop Problem Solving Menggunakan Detektor Geiger Muller untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1388-1395. Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/13169
Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What it is and Why it Counts. Milbrae: California Academic Press.
Furoidah, A.Z., Indrawati, I., Subki, S. (2017). Implementasi Model Discovery Learning Disertai Lembar Kerja Siswa dalam Pembelajaran Fisika Siswa di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 285-291. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v6i3.5326
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Siswadalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69-80. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893
Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 61-67. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v3i1.325
Men, F. E. (2017). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pengajuan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 191-198. doi:https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.7192
Ngalimun. (2012). Strategi Pembelajaran dilengkapi dengan 65 model pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Persindo.
Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa . Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 98-104. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v4i1.548
Oktaviani, S. (2016). Pengaruh Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Universitas Lampung.
Pramana, I. K. A. I., Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2014). Penerapan Model Double Loop Problem Solving (DLPS) dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-9. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.2587
Prayogi, S., Yuanita, L. & Wasis. (2018). Critical Inquiry Based Learning: A model of learning to promote critical thinking among prospective teachers of physic. Journal of Turkish Science Education, 15(1), 43-56. Retrieved from https://www.tused.org/index.php/tused/article/view/148
Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistik. Bandung. Alfabeta.
Roliyani. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving. Jurnal Pena Edukasi, 3(6), 560-566. Retrieved from https://docplayer.info/53088968-Upaya-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penggunaan-model-pembelajaran-double-loop-problem-solving.html
Sahidu, H. (2016). Evaluasi Pembelajaran Fisika. Mataram: Arga Puji Press.
Sari, E.R., Pasaribu, M., & Sahena, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 119-126. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/5157
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setyowati, A., Subali, B., & Mosik. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 89-96. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1078
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Stobaugh, R. (2013). Assesing Critical Thinking in Middle and High Schools: Meeting the Common Core. New York: Routledge.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trisnowati, E & Firdaus, F. (2017). Kegiatan Laboratorium Fisika dengan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pena Sains, 4(2), 138-145. doi: https://doi.org/10.21107/jps.v4i2.3212
Wahyudi., Verawati, N.N.S.P., Ayub, S., & Prayogi, S. (2018). Development of inquiry-creative-process learning model to promote critical thinking ability of physics prospective teachers. Journal of Physics: Conf. Series 1108: 1-6. Doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012005
Zamroni & Mahfudz. (2009). Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thinking. Jakarta: Depdiknas.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v7i2.1751
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 H. Halimah, S. Sutrio, Ni Nyoman Sri Putu Verawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.