Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Hands on Activity terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Azwar, S. (2015). Metode penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hariani, D. Pengaruh pembelajaran guided inquiri terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas VII MTS Ridlol Waliadin NW Batubangka Lombok Timur tahun pelajaran 2014/2015. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.
Kartono. (2010). Hands on activity pada pembelajaran geometri sekolah sebagai asesmen kinerja siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(1), 21-32.
Kumullah, R. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran artikulasi terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 3 Batukliang tahun pelajaran 2016/2017. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.
Kumullah,R. 2016. Pengaruh penggunaan model pembelajaran artikulasi terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 3 Batukliang tahun pelajaran 2016/2017. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.
Pratiwi. (2015). Pengembangan LKS biologi berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.
Restanti, R., Surwanto, & Sudarsiman, S. (2013). Pembelajaran biologi dengan pendekatan CTL (contextual teaching learning) melalui model formal dan informal hands on activites ditinjau dari kreativitas siswa dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA “Inkuiri”. 2(2): 193-203.
Septiani, E., Maharta, N., & Abdurahman. (2016). Pengaruh skill representasi hand on activity terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang siswa SMP. Jurnal FKIP Unila, 1(1) 89-101.
Sugiyono. (2011). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tindaon, N. (2015). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity terhadap hasil belajar akutansi siswa kelas X SMK Swasta Tri Sakti 2 Lubuk Pakam tahun pelajaran 2014/2015. (Skripsi tidak dipublikasikan). Medan: Universitas Negeri Medan.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i2.1156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Asti Asmawati, I Wayan Karmana, Hunaepi Hunaepi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.