Implementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa

Aipan Rus, Ani Fatmawati, Agus Muliadi

Abstract


The purpose of this study was to improve science process skills and cognitive learning outcomes of class XI students of Middle 1 Praya Middle school year 2017/2018. The subject of this study were 31 students of class XI IPA-3 Praya Tengah as many as 31 people. This type of research is classroom action research conducted in two cycles. Data collection techniques used observation techniques for the implementation of learning, and tests as many as 20 questions. The results of the learning implementation observation in the first cycle = 41% and in the second cycle was 66%. Cognitive learning outcomes of students reach an average in the first cycle of 56.6 with classical completeness of 38.70% and experienced an increase in the second cycle with an average of 64.35 with classical completeness of 54.83%. Thus, the method of group discussion can improve science process skills and cognitive learning outcomes of class XI Middle Praya 1 Middle School 2017/2018 academic year.

Keywords


Group discussion, science process skills, cognitive learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Akbar, A . (2011). Peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode explicit instruction pada materi poko hidro karbon siswa kelas X semester II SMAN 1 Kruak Tahun Pelajaran 2010/2011. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendiknas.

Cristianti, L. (2015). Upaya meningkatkan motivasi belajar bilogi materi teori evolusi dengan metode pembelajaran penbemuan pada siswa kelas XII IPA Di SMAN 06 kota Bekasi. (Skripsi tidak dipubikasikan). Bekasi.

Depdiknas. (2005). Landasan teori dalam pengembanagan metode pembrelajaran materi pelatihan terintegrasi Ilmu Pengatahuan Alam. Jakarta: Departmen pendidikan Nasional.

Hariani. (2015). Pengaruh pembelajaran guided inquairi terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas vii MTSN Ridlol Alidain NW Batu Bangka Lombok Timur tahun pelajaran 2014/2015. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.

Husaini. (1999). Strategi dalam belajar. Bandung: Uni Aksara.

Muhali. (2004). Pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap peningkatan daya serap siswa pada materi asam basa di kelas II SMAN 1 Pujut. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.

Sadia, I W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep ipa dan sikap ilmiah siswa SMP. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram IKIP Mataram.

Syaifudien. (2015). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Prambon Sidoarjo Jurusan Pendidikan Agama Islam. (Skripsi tidak dipublikasikan). Surabaya: UIN Sunan Ampel.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i2.1155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Aipan Rus, Ani Fatmawati, Agus Muliadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats