Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kearifan Lokal Bima Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa

Sarwo Edy Wibowo, Randi Ardiansyah

Abstract


Pembelajaran matematika akan mudah dipahami jika dikaitkan dengan konteks daerah tempat tinggal siswa tersebut, sehingga menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna. Namun dalam pelaksanaannya ada guru yang menggunakan bahan ajar yang kurang sesuai dengan lingkungan siswa, termasuk guru matematika di kabupaten Bima. Bahan ajar yang digunakan tidak merepresentasikan kondisi lingkungan yang ada di kabupaten Bima, ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengvisualisasikan model matematika ataupun bentuk matematika yang dimaksud. Pengembangan bahan ajar berupa modul berbasis kearifan lokal Bima untuk kelas awal ini penting di adakan untuk membantu siswa di daerah memahami konsep matematika secara utuh serta maksimal dalam mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal Bima pada pembelajaran  matematika siswa kelas awal. Tempat penelitian yang digunakan yaitu di SDN O’o di Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. Adapun teknik pengambilan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan angket. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data awal sehingga bisa dijadikan acuan dalam perencanaan  pengembangan modul matematika berbasis kearifan lokal Bima, adapun data hasil observasi dan wawancara ini dianalisis secara kualitatif. Adapun angket digunakan sebagai tolak ukur  untuk mengetahui tingkat kevalidan produk yang divalidasi oleh tiga praktisi dan tiga ahli yaitu ahli materi, bahasa dan desain, data hasil validasi modul berupa skor  yang kemudian dikelola dan dianalisis menggunakan analisis kuantitatif yang bersifat deskriptif.

Keywords


Modul, Pembelajaran Matematika, Kearifan Lokal Bima.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v11i2.9562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Media Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: