Pengembangan buku ajar mata kuliah matematika dasar untuk fisika

Ita Chairun Nissa, Dwi Pangga, Baiq Rika Ayu Febrilia

Abstract


Kebutuhan terhadap buku ajar matematika dasar yang terintegrasi dengan konten dan konteks masalah fisika ternyata sangat diperlukan oleh pengajar maupun mahasiswa program studi pendidikan fisika yang menempuh mata kuliah matematika dasar. Mata kuliah matematika dasar yang diajarkan kepada mahasiswa program studi pendidikan fisika harus memiliki karakteristik implementasi konsep matematika dasar terhadap penyelesaian masalah-masalah fisika. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan suatu buku ajar matematika dasar untuk fisika. Pengembangan dilakukan melalui model Hannafin and Peck dalam tiga fase yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain, dan fase pengembangan dan implementasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes dan angket dan dianalisa secara statistik deskriptif. Pengujian buku ajar terdiri dari uji kelayakan (validitas dan reliabilitas) buku ajar, uji kepraktisan buku ajar, dan uji keefektifan buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar matematika dasar untuk fisika telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif sebagai alternatif buku referensi untuk perkuliahan

Keywords


penelitian dan pengembangan; buku ajar; matematika dasar; mahasiswa fisika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.6545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Media Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: