KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER

Heru Tri Novi Rizki, Yunita Septriana Anwar, Saefudin Suhaedi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan gender di SMP Negeri 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Mataram dengan sampel 100 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin dengan teknik Stratified Random Sampling dan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi , uji hipotesis dan koreksi Yates dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data dan interpretasi hasil penelitian dari observasi, penyebaran angket dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan gender di SMP Negeri 8 Mataram. Hal ini didasarkan pada pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa dari uji 𝑡 diperoleh 𝑡hitung = −1,06 dan 𝑡𝑡abel = 1,668 sehingga 𝑡hitung < 𝑡tabel dan dengan koreksi Yates diperoleh 𝜒2 hitung = 0,029 dan 𝜒2 tabel = 3,341 sehingga 𝜒2 hitung < 𝜒2 tabel. Dengan demikian dapat diartikan bahwa 𝐻0 diterima dan 𝐻𝑎 ditolak.

Keywords


Komparasi, Gender, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v2i2.1860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: