PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF

Niken Wahyu Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, yaitu ahli menyatakan valid sesuai dengan teori, hasil ujicoba menyatakan praktis digunakan, dan efektif jika ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. yang dilakukan dengan 4 tahap utama yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) yang telah dimodifikasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi perangkat, lembar observasi, dan  tes. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menghasilkan prototype perangkat pembelajaran pada Standar Kompetensi “Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya”. Berdasarkan pendapat ahli prototype perangkat pembelajaran berada dalam kategori sangat valid, sedangkan berdasarkan hasil ujicoba pengembangan yang dilakukan di Kelas VIIIC SMP N 11 Yogyakarta dan Kelas VIIIB SMP Muhamadiyah 9 Yogyakarta perangkat pembelajaran berada dalam kategori cukup praktis, dan efektif jika ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif siswa.


Keywords


Perangkat Pembelajaran, Berfikir Kreatif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v2i2.1859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: