PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII MTS. QUR’ANIYAH PADA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN FRAMEWORK ELPSA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adala,h untuk mengetahui pemahaman konsep materi pecahan pada siswa kelas VII MTs. Qur’aniyah. Penelitianini berlokasi di MTs. Qur’aniyah Batukuta Narmada Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survey kepada 20 siswa denga rincian 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian inimerupakan studi pendahuluan untuk melihat profil pemahaman konsep siswa selanjutnya digunakan sebagai analisis didaktik. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak empat soal. Persentase pencapaian pemahaman konsep siswa untuk indikator pertama yaitu menyatakan ulang sebuah konsep adalah 76,875% indikator kedua yaitu Menyatakan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika adalah 76,25%, dan indikator ke tiga yaitu mengklasifikasi objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsepnya adalah 77,5%. Sehingga mendapatkan persentase pencapaian rata-rata pemahaman konsep siswa adalah 76,875% dan berkategori Tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v6i1.1795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Media Pendidikan Matematika