PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII MTS. QUR’ANIYAH PADA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN FRAMEWORK ELPSA

Eliska Juliangkary, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Tujuan dari penelitian ini  adala,h untuk mengetahui pemahaman konsep materi pecahan pada siswa kelas VII MTs. Qur’aniyah. Penelitianini berlokasi di MTs. Qur’aniyah Batukuta Narmada Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survey kepada 20 siswa denga rincian 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian inimerupakan studi pendahuluan untuk melihat profil pemahaman konsep siswa selanjutnya digunakan sebagai analisis didaktik. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak empat soal.  Persentase pencapaian pemahaman konsep siswa untuk  indikator pertama yaitu menyatakan ulang sebuah konsep adalah 76,875%  indikator  kedua   yaitu  Menyatakan  konsep   dalam  berbagai  bentuk  representasi matematika adalah  76,25%,  dan  indikator  ke  tiga  yaitu  mengklasifikasi objek  menurut  sifat tertentu sesuai dengan konsepnya adalah 77,5%. Sehingga mendapatkan persentase pencapaian rata-rata pemahaman konsep siswa adalah 76,875% dan berkategori Tinggi.


Keywords


Pemahaman Konsep; Pecahan; ELPSA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v6i1.1795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: