Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media PhET dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa

Wildan Muhdantiar, K Kasriman

Abstract


Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih menghadapi berbagai kendala, terutama pada materi yang bersifat abstrak seperti pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan media simulasi interaktif PhET terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bubulak 03 dengan subjek sebanyak 20 siswa kelas III yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen pengumpulan data berupa 10 soal esai yang mengukur tingkat berpikir tinggi (C4–C6). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 48,00 meningkat menjadi 80,50 pada posttest. Hasil analisis N-Gain menunjukkan bahwa 55% siswa mengalami peningkatan sedang, 35% tinggi, dan 10% rendah, tanpa ada siswa yang mengalami penurunan. Uji Paired Sample t-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai sebelum dan sesudah perlakuan. Temuan ini membuktikan bahwa model integrasi PBL dengan media PhET efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan serta menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif, kolaboratif, dan bermakna di tingkat dasar sekolah.

Keywords


Problem-Based Learning, PhET Simulation, hasil belajar, pecahan, sekolah dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Media Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: