Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Melalaui Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments di SMPN 28 Medan

Nurarfah Hanum Simbolon, Rita Destini, Firmansyah Firmansyah, Cut Latifah Zahari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya kedua kemampuan tersebut di SMP Negeri 28 Medan. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan dua kelas, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 25 orang dan dipilih secara acak. Kelas eksperimen menggunakan strategi TGT, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes uraian pada materi relasi dan fungsi. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis dari 60% menjadi 85% pada kelas eksperimen. Selain itu, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua kemampuan tersebut. Strategi TGT terbukti efektif dan direkomendasikan sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran matematika.


Keywords


Strategi TGT, Pembelajaran Kooperatif, Penalaran dan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Media Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: