EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMP NEGERI 10 MATARAM

Sonny Gunawan I Made, Jien Tirta Raharja

Abstract


ABSTRAK: Pengembangan potensi siswa dapat dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling (konselor), dengan melakukan pendekatan secara umum dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenali diri dan lingkungannya dalam rangka pengentasan masalah dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir dimana skenario tindakan merupakan hasil transaksi dari keputusan konseli. Dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi akademik sangat dipengaruhi oleh motivasi berprestasi. Adapun salah satu penyebab rendahnya motivasi berprestasi adalah karena prokrastinasi akademik. Untuk dapat meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa maka konselor memiliki tanggung jawab untuk memberikan layanan konseling yang professional. Perwujudan layanan konseling yang professional di sekolah, dapat dilakukan konselor dengan bekal kemampuan untuk terampil, menguasai, dan mengaplikasikan pendekatan konseling yang efektif dan efisien, salah satunya dengan menerapkan pendekatan konselingCognitive Behaviour Therapy (CBT). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari konseling kelompokCognitive Behavior Therapy (CBT) dalam meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa di SMP Negeri 10 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan pre-experimen.Desain penelitian yang digunakan yakni pre-test and post-test group design. Target populasi (universe) penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Mataram yang tercatat pada tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan subjek sasaran penelitian (kelompok eksperimen) yang dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan yaitu berupa angket motivasi berprestasi. Analisis data dilakukan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji statistik nonparametrik yakni menggunakant-tes.Dari hasil perhitungan diperoleh nilai t-hitung untuk kelompok ekperimen sebesar 21.019, sedangkan  nilai t-tabel dengan db = 8-1= 7 dan taraf  signifikansi 5% adalah sebesar 2.365, yang berarti nilai t-hitung lebih besar dari  t-tabel (21.019 > 2.365).Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: Konseling kelompok Cognitive Behavior Therapy (CBT) efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 10 Mataram.

 Kata Kunci:Konseling KelompokCognitive Behavior Therapy, dan Motivasi Berprestasi


Full Text:

PDF

References


Alfonso, D.J. 2013. Cognitive-behavior intervention group counseling manual for reducing adolescents’ career indecision. International Journal of Research Studies in Education2013 April, Volume 2 Number 2, 61-70.

Corey, G. 2012. Theory and Practice of Group Counseling. Belmont USA: Brooks/Cole.

Desmita. 2005. Hubungan Antara Stress Sekolah Dengan Derajat Stress Dan Strategi Penanggulangan Pada Siswa MAN Model Bukittinggi. Tesis.Bandung:Universitas Padjajaran.

Lim, Ji young. et.al. 2010. The effects of a cognitive-behavioral therapy on career attitude maturity, decision making style, and self-esteem of nursing students in Korea. Journal of Nurse Education Today,Volume 30, Issue 8, Pages 731-736, November 2010.

McClelland, D. C., Atkinson, J. W., Clark, R. A., & Lowell, E. L. (1958). A scoring manual for the achievement motive. In J. W. Atkinson (Ed.), Motives in fantasy, action, and society (pp. 179-204). Princeton, NJ: D. Van Nostrand Company, Inc.

Penedo, Frank J. 2008. Cognitive-behavioral stress management. New York: Oxford University Press.

Prendes, A. Antonio González& Kimberly Brisebois. 2012.Cognitive-Behavioral Therapy and Social Work Values: A Critical Analysis. Journal of Social Work Values and Ethics, Volume 9, Number 2 (2012).

Rumiani. 2006. Prokratinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, (Online), 3 (2): 37-48, (http://www.undip.ac.id) di akses 15 Januari 2014.

Santrock, John W. (2001). Educational Psychology International Ed. New York: McGraw-Hill.

Schunk, D.H; Pintrich, P.R. & Meece, J.L. 2008. Motivation in Educational: Theory, Research amd Application (3rd Ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Wahyudi. 2010. Memahami Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Guru Membangun (Online), 25 (3): 1-6 (http://www.untan.ac.id), diakses 15 Januari 2014.

Weiner, I. B. 1982. Child and adolescent Psychopathology. USA: John Wiley & Sons, Inc.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i1.767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics