PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SIKAP RENDAH DIRI PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI

Ni Ketut Alit Suarti, Deni Kurniawan, Intan Kusuma Wardani

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini Adalah: Apakah Ada “Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Sikap Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gunungsari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Teknik role playing terhadap rendah diri Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gunungsari. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan one group pre-test-post-test design. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah angket, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dan analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test yang diperoleh melalui analisis, ternyata nilai t diperoleh= 5,523 Kemudian dikonsultasikan dengan nilai t dalam tabel dengan db (N-1) =8-1=7 dengan taraf signifikansi 5% = 2,365. Dengan demikian nilai t hitung hasil penelitian ini lebih besar dari nilai t tabel yakni 5,523 < 2,365. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh teknik role playing terhadap sikap rendah diri pada siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Gunungsari.


Keywords


Role Playing, Sikap Rendah Diri

Full Text:

PDF

References


Abu, Ahmadi. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Agustina, I. & Lukitaningsih, R. 2014. Penerapan Strategi Reframing Untuk Mengurangi Perasaan Rendah Diri Siswa Kelas Vii-H Smp Negeri 1 Jogorogo Ngawi. Jurnal BK, 4 (3): 711 Alfabeta Application and Presentation Staff Development and Presentation.

Booree, G. 2010. Personality Theory: Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia. Jogjakarta: Prismasophie

Corey, G. 2005. Teori dan praktek dari konseling dan psikoterapi. Terjemahan oleh E. Koeswara. Jakarta: ERESCO.

Farida, N. I. 2014. Upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa remaja putri yang mengalami pubertas awal melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bimbingan kelompok di kelas vii smpn 13 semarang tahun ajaran 2013/2014. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Hambali Adang dan Ujam Jaenudin. 2013. Psikologi Kepribadian (lanjutan). Bandung: CV. Pustaka Setia

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Mustakim. 2022. Hubungan Kesetabilan Emosi Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Sma Negeri Kota Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 2 Edisi Oktober 2022. Hal 1664 – 1677. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Harviainen, J. T. 2009. “A hermeneutical approach to role-playing analysis. International journal of role-playing”. E-journal. 1, (1), 66-78.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

James, R.K., & Gilliland, B.E. (2003). Theories and strategies in counseling and

Jarvis, et al. 2002. “Role-playing as a teaching strategy”. Journal. Strategies for

Jigau, M. 2007. Career counseling compendium of methods and techniques. Bucharest: AFIR.

Kartono. 2014. Patologi Sosial 2, Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Margono, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan, 2014. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Rineka Cipta: Jakarta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Sumiati. 2014. Studi Kasus Siswa yang Rendah Diri Dalam Bergaul di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ngabang. Pontianak: STKIP-PGRI Pontianak.

TIM Penyusun IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram: IKIP Mataram.

Wahyudi, R.A. 2013. Hubungan Inferiority Feeling dan Agresivitas Pada Remaja Delinkuen (Studi Pada Penerima Manfaat Di Psmp Antasena Magelang). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Yusuf, M. 2013. Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media Grup.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics