IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENINGKATKAN PROGRAM MUHADARAH SANTRIWATI DI PONDOK PUTRI ANWARUL HALIMY

Kholisus Sa’di, Ahmad Yani, Irawan Syarifuddin Daher

Abstract


Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan non formal dalam meningkatkan program muhadarah santriwati di pondok putri Anwarul Halimy. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana implementasi pendidikan non formal dalam meningkatkan program muhadarah santriwati di pondok putri Anwarul Halimy. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Hasil yang ditemui didapatkan ada beberapa tahapan yakni (1) tahap persiapan: proses penyiapan pementasan muhadarah ini bena-benar dilkukan dengan serius dan seoptimal mungkin demi memberikan penampilan terbaik mereka baik itu mulai dari persiapan materi sampai dekorasi tempat pementasan muhadarahnya. (2) Tahap Pelaksanaan: proses pelaksanaan kegiatan muhadarah di pondok putri Anwarul Halimy ini betul-betul dipersiapkan dengan matang dan maksimal sehingga bisa dinilai pelaksaan pembelajaran atau penampilan yang akan disajikan betul-betul optimal dan meningkatkan motivasi belajar santriwatinya. (3) Evaluasi: evaluasi yang diterapkan dalam proses pelaksaan muhadarah di pondok putri Anwarul Halimy ini berupa memberikan masukan-masukan yang dirasa penting untuk lebih ditingkatkan lagi baik itu mulai dari proses persiapan sampai pelaksanaan kegiatan dan ini biasa dilakukan evaluasi oleh ustad/ustadzah dan mudabbirohnya setelah kegiatan selesai.


Keywords


Pendidikan Non-Formal, Program Muhadarah

Full Text:

PDF

References


A.W. Muanawir. (2007). Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia terlengkap. Cetakan Pertama Surabaya: Pustaka Progresif

Abdullah, A. (1992). Pendidikan Islam Indonesia. Jurnal Suhuf, 2, 18-24.

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Amirulloh, Syarbini. (2014). Model pendidikan karakter dalam keluarga, Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Arikunto.Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmuni, Syukir. (1983). Strategi Dakwah Islam . Surabaya: Usaha Nasional

Depdiknas .(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Hikmah, Hj. Wawancara dengan pengasuh pondok putri Anwarul Halimy, 6 Agustus 2022, pukul 16.15 WITA

Masykur Anis. (2010). Menakar Modernisasi Pendidikan Pesantren, Depok: Barnea Pustaka.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : UI-Press.

Nana Sudjana. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung,

Solihah. Wawancara dengan Ustadzah putri Anwarul Halimy, 6 Agustus 2022, pukul 17.05 WITA

Sopianah. Wawancara dengan Ustadzah putri Anwarul Halimy, 6 Agustus 2022, pukul 17.05 WITA

Syihata Abdullah. (1978). Da’wah Islamiyah. Jakarta: Departemen Agama.

Ulfa. Lina. Wawancara dengan Ustadzah putri Anwarul Halimy, 6 Agustus 2022, pukul 16.30 WITA

Ulwan. A.N. (1992). Tarbiyatul Aulad Fil Islam, terj.Jamaludin Mirri, Pendidikan Anak Dalam Islam, PT-Rosdakarya, Bandung.

Winkel W.S, Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics