PENGARUH KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI MASALAH KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP NEGERI KOTA MATARAM

Aluh Hartati

Abstract


Setiap manusia mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan didalam hidupnya. Perkembangan seseorang dari awal hingga akhir kehidupannya melibatkan perubahan terutama pada remaja. Dari sekian banyak perubahan yang dialami oleh remaja, perkembangan fisik dipandang penting. Karena secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi perilaku anak sehari-hari. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara sebagai metode pelengkap. Analisis statistik yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis t-test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test yang diperoleh melalui analisis, ternyata nilai t diperoleh = 8,661 kemudian dikonsultasikan dengan nilai t dalam tabel dengan d.b (N-1) = 10-1 = 9 dengan taraf signifikan 5% = 2,262 kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel (8,661 > 2,262). Maka dapat dikemukakan bahwa Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima.


Full Text:

PDF

References


Abimanyu, 1996. Teknik-teknik Dasar Konseling. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Anas Sudijono. 2000. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.

Astriani. 2016. Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kecemasan Belajar Siswa di MTS Al-Khairiyah NW Putri Rajak Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi.

Bimo Walgito.2002.Pengatar Psikologi Umum. Yogyakarta.

Elizabeth B. Hurlock .2003. Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Hakim. 2004. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Pustaka Swara.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hartono. 2008. Statistik Untuk Penelitian. Pekanbaru : Zanafa Hendra.

Haryanto.Pengertian Kepercayaan Diri.http://belajarpsikologi.com/pengertian-kepercayaan-diri/.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hurlock, E. 1990. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.

IKIP Mataram. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Mataram: IKIP Mataram.

Ketut, Sukardi Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Mohhamad Ali dan Mohammad Asrori. 2009. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Prayitno Dan Erma Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Depdikbud.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Padang: Ghalia Indonesia.

Risnawita & Ghufron. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Saam. 2009. Psikologi Konseling. Pekanbaru : CV. Witra Inzani Universitas Riau

Septi Rahayu Purwanti. 2013. Mengatasi masalah kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok pada diri siswa kelas VIII F SMPN 2 Karangpucung kabupaten Cilacap. Skripsi.

Slameto. 2010. Belajardanfaktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soetjiningsih. 2007. Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suharsimi A. 1993. Pengelolaan kelas dan siswa. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi, KD. 2002. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tohirin. 2007. Bimbingan Konseling di Sekolahdan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wibowo. 2005. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Jakarta : Rineka Cipta.

Winkel dan Sri Hastuti. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi

Winkel. 1991. Bimbingan dan Konseling Institut Pendidikan. Pekanbaru. FKIP – UNRI

Wiranegara, Chibita. 2010. Dahsyatnya Percaya diri : Total Self-Confidence. Jakarta: New Diglossia

Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.5886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics