HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA SMAN 1 LABUAPI

Mustakim Mustakim, I Made Gunawan

Abstract


Abstrak: Kecerdasan emosi memiliki peran yang sangat penting terhadap perkembangan psikologis khususnya sikap percaya diri seseorang pada masa remaja, karena keberhasilan pada masa yang akan datang tergantung pada bagaimana individu dapat memanfaatkan masa-masa yang sangat penting dengan baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan sikap percaya diri siswa SMAN 1 Labuapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan sikap percaya diri siswa di SMAN 1 Labuapi. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 125 siswa dan jumlah sampel sebanyak 32 dengan teknik pengambilan sampel stratifield proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi serta angket sebagai metode utama. Analisis data dengan menggunakan rumus Product Moment tentang Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Sikap Percaya Diri Siswa SMAN 1 Labuapi, Menunjukkan bahwa  (0,639) lebih besar dari  dengan taraf signifikansi 5% (0,349) ( >  ) yaitu (0,639 >0,34 9). Itu artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga penelitian ini dikatakan Signifikan.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Emosi dan Sikap Percaya Diri.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Edisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Centi, P. J. 1995. Mengapa Rendah Diri. Yogyakarta.

Goleman, D. 2000. Executive EQ: Kecerdasan emosional Dalam Kepemimpinan dan Organisasi (Terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hakim, T. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Purwa Suara.

Hankin, S. 2004. Strategi Untuk Meningkatkan rasa Percaya Diri (Terjemahan). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Iman, S.: Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Sikap Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus II Depok Sleman Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi UNY 2016.

Lauster, P. 1997. Test Kepribadian (terjemahan Cecilia, G. Sumekto ). Yokyakarta. Kanisius.

Maliki, S.2009. Manajemen Pribadi Untuk Kesuksesan Hidup. Yogyakarta: Kertajaya.

Margono, S. 2005. MetodologiPenelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mutadin, http://www.e-psikologi.com /remaja/250402.htm) mengungkap-kan lima komponen kecerdasan emosional (Diakses tanggal 27 Januari 2017)

Sari, L. D. 2015. Peningkatan percaya diri menggunakan layanan konseling (role Playing) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro tahun pelajaran 2015/2016.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics