PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MAMPU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VI A SDN 9 AMPENAN

Baiq Karni Apriani

Abstract


Abstrak. Pencapaian hasil beljar siswa kelas VI.A di SDN 9 Ampenan pada Mata Pelajaran Matematika masi berada di bawah KKM hal ini dikarenakan metode yang digunakan belum tepat sehingga siswa hanya pasif dalam pembelajaran. Kreatif siswa dalam proses pembelajaran kurang dikarenakan penyampaian guru bersifat monoton dan tanpa arah. Dari latar belakang diatas rumusan masalah yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu “Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match mampu meningkatkan hasil belajar matematika di kelas VI A SDN 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2021/2022?” Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup tahap perencanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi dengan melibatkan siswa kelas VI A sebagai subyek dan seorang guru sebagai observer dan penelitiaan ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode kooperatif tipe make a match yang merupakan metode yang mampu meningkatkan hasil belajar matematika di kelas VI A SDN 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2021/2022. Terbukti dari peningkatan yang terjadi pada tiap siklus rata-rata porsentase pada siklus I sebesar 69,48% menjadi 81,37% pada siklus II, semua aspek siswa sangat meningkat. Penggunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan perpormansi guru. Pertemuan Pertama siklus I memperoleh nilai 78,00 kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,71, dikarenakan guru dalam pembelajaran sudah dan berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa.

Kata kunci: Kooperatif, meningkatkan, matematika


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. (2014). Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BSNP. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Huda, Miftahul. (2013).Model-Model Pengajaran & Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Izzaty. Rita Eka (2008). Perkembangan Perserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Lie, Anita (2004). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Muhsetyo, G dkk. (2016). Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Suharsini Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zainal Aqib. (2009). Penelitiam Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLSB, dan TK. Bandung : CV Yrama Widya

Zaini, Hisyam. (2011). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics