PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN BANTUAN LKS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD NEGERI 42 AMPENAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Masruni Masruni

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 42 Ampenan pada siswa kelas III semester II tahun pelajaran 2019/2020 yang kemampuan siswanya dalam mata pelajaran PKn masih cukup rendah. Tujuan Penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan prestasi belajar PKn dengan model pembelajaran kooperatif melalui bimbingan kelompok dengan bantuan LKS dalam pembelajaran tematik siswa kelas III SD Negeri 42 Ampenan semester II tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah  tes prestasi  belajar.  Data yang telah terkumpul  kemudian  dianalisis  secara deskriptif.Dengan kreteria keberhasilan dengan nilai rata-rata sesuai KKM (71) dan presentase ketuntasan belajar mencapai 80% atau lebih. Hasil  analisis  menunjukkan  adanya  peningkatan  prestasi  belajar,  dari  data awal  diperoleh  nilai  rata-rata  65,42  dengan  presentase  ketuntasan  belajar  sebesar 62,50%  yang  menunjukkan  bahwa  kemampuan  siswa  dalam  mata  pelajaran  PKn masih sangat rendah,setelah  diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui bimbingan kelompok dengan bantuan LKS meningkat dengan nilai rata-rata 67,92 dan presentase ketuntasan belajar 75%, pada siklus II meningkat   lagi nilai rata-rata menjadi 72,00 dengan presentase ketuntasan belajar  sebesar  95,83%.  Berdasarkan  hasil  yang  telah  diperoleh  pada  siklus  II, semakin   meningkat   keberhasilan   dalam   penelitian   ini  telah  tercapai   sehingga penelitian dihentikan. Dari  semua  data  pendukung  pembuktian  pencapaian  tujuan  pembelajaran dapat   disimpulkan   bahwa   model   pembelajaran   kooperatif   melalui   bimbingan kelompok dengan bantuan LKS dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi  belajar  PKn  siswa  kelas  III SD  Negeri    42  Ampenan  semester  II tahun pelajaran 2019/2020. Sehingga dapat disarankan model ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran siswa di Kelas III.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Tematik


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Jogjakarta: Diva Press.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hilke, Eileen Veronica. 1998. Fastback Cooperative Learning. New York: McGraw-Hill, Inc.

Johnson and R.T. Johnson. 1987. Learning Together and Alone: Cooperation, Competition, and Individualistic Learning. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall.

Lickona, Thomas. 1992. Educating For Character. How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 1995.Cooperative Learning : Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Soejono dan H. Abdurrahman. 2003. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suryabrata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto.2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Winkel, W.S. 2005. Psikologi Pengajaran. Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: MediaAbadi.

Yamin, H. Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.4106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics