PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN BANTUAN LKS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD NEGERI 42 AMPENAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Abstrak. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 42 Ampenan pada siswa kelas III semester II tahun pelajaran 2019/2020 yang kemampuan siswanya dalam mata pelajaran PKn masih cukup rendah. Tujuan Penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan prestasi belajar PKn dengan model pembelajaran kooperatif melalui bimbingan kelompok dengan bantuan LKS dalam pembelajaran tematik siswa kelas III SD Negeri 42 Ampenan semester II tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif.Dengan kreteria keberhasilan dengan nilai rata-rata sesuai KKM (71) dan presentase ketuntasan belajar mencapai 80% atau lebih. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar, dari data awal diperoleh nilai rata-rata 65,42 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 62,50% yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mata pelajaran PKn masih sangat rendah,setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui bimbingan kelompok dengan bantuan LKS meningkat dengan nilai rata-rata 67,92 dan presentase ketuntasan belajar 75%, pada siklus II meningkat lagi nilai rata-rata menjadi 72,00 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 95,83%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh pada siklus II, semakin meningkat keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai sehingga penelitian dihentikan. Dari semua data pendukung pembuktian pencapaian tujuan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif melalui bimbingan kelompok dengan bantuan LKS dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas III SD Negeri 42 Ampenan semester II tahun pelajaran 2019/2020. Sehingga dapat disarankan model ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran siswa di Kelas III.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Tematik
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.
Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Jogjakarta: Diva Press.
Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram
Hilke, Eileen Veronica. 1998. Fastback Cooperative Learning. New York: McGraw-Hill, Inc.
Johnson and R.T. Johnson. 1987. Learning Together and Alone: Cooperation, Competition, and Individualistic Learning. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall.
Lickona, Thomas. 1992. Educating For Character. How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books
Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert E. 1995.Cooperative Learning : Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.
Soejono dan H. Abdurrahman. 2003. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Suryabrata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Trianto.2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Winkel, W.S. 2005. Psikologi Pengajaran. Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: MediaAbadi.
Yamin, H. Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada.
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.4106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.