PENGARUH PERMAINAN KOLASE TERHADAP KREATIVITAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ni Made Sulastri, Farida Herna Astuti

Abstract


Abstrak: Bermain merupakan dunia anak, dengan bermain anak mendapatkan stimulus yang tepat, dan memahami kehidupan. Sehingga aspek perkembangan anak dapat tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Aktivitas Kolase Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia Dini di TK Darul Muhsinin Labulie Lombok Tengah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas kolase Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia Dini di TK Darul Muhsinin Labulie Lombok Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi sebagai metode utama, pengisian angket pengamatan, metode dokumentasi dan wawancara sebagai pelengkap. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan rumus t-tes. Berdasarkan hasil analisis data bahwa t hitung yang diperoleh adalah sebesar 7,080, sedangkan nilai t-tabel 7,080 >  2,093). Hal ini berarti Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada Pengaruh Aktivitas Kolase Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia Dini di TK Darul Muhsinin Labulie Lombok Tengah, artinya hasil penelitian Pengaruh Aktivitas Kolase Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia Dini di TK Darul Muhsinin Labulie Lombok Tengah adalah “signifikan”.


Full Text:

PDF

References


Conny R.Semiawan.2009. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menegah. Jakarta: Gramedia.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak (jilid 2 edisi keenam). Jakarta: Erlangga.

Maula, Athiatul Nur. 2008. Efektivitas Mendengar Cerita Fiksi Terhadap Peningkatan Kreativitas Verbal Anak.Skripsi. Surakarta: UMS. Tidak Diterbitkan.

Munandar, S.C Utami. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Munandar, Utami. 2002. Pemanduan Anak Berbakat: Suatu Studi Penjajagan.

Jakarta: Rajawali Press.

Nurhastuti, Eny. 2014. Pengembangan Kreativitas Melalui Bermain Balok Pada Anak Kelompok B TK Tanggan 1 Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. {Skripsi} Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas, Jakarta.

Rachmawati dan Kurniati.2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Wiyani, N.A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua dan Pendidik PAUD dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Zaman, dkk. 2011. Media dan Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Sumanto. 2006. Pengembangan KreatifitaS Seni Rupa Anak SekolahDasar. Depdiknas: Jakarta.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Jakarta:Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.3862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

  Web Analytics