PENGARUH KONSLING REALITA TERHADAP PRILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DI TK BAITURRAHMAN MONTONG BUAK DESA DARMAJI KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020

Rohani Zen, Wayan Tamba, Eneng Garnika

Abstract


Bermain merupakan dunia anak, dengan bermain anak mendapatkan stimulus yang tepat, dan memahami kehidupan. Sehingga aspek perkembangan anak dapat tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Konseling RealitaTerhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini Di TK BAITURRAHMAN Montong Buak Desa Darnaji Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020”? Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konseling Realita Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini Di TK BAITURRAHMAN Montong Buak Desa Darmaji Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah 17 siswa, sampel yang digunakan adalah 10 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi sebagai metode utama, metode dokumentasi dan wawancara sebagai pelengkap. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan rumus t-tes. Berdasarkan hasil analisis data bahwa t hitung yang diperoleh adalah sebesar 10, sedangkan nilai t-tabel (10 > 1,833). Hal ini berarti H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada Pengaruh Konseling Realita Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini Di TK BAITURRAHMAN Montong Buak Desa Darmaji Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/ 2020 adalah “signifikan”.


Full Text:

PDF

References


A.Baron,Robert dan Donn Byrne (2013) Psikologi Sosial. Edisi Sepuluh. Jakarta: Airlangga

Achmad Juntika Dkk 2013,Dinamika Perkembangan Anak & Remaja Tinajuan Psikologi, Pendidikan, dan Bimbingan.Bandung : Refika Aditama.

A. Juntika Dkk, 2010. Lawasan Bimbingan dan Konseling. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S (2002) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : (Suatu Pendekatan Praktik).Jakarta : Rineka Cipta

Depdikbud.2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka

Eisenberg, N., Fabes, R. A., & Spinrad, T. L. (2006).Prosocial development. Dalam N. Eisenberg (Vol. Ed.), W. Damon & R. M. Lerner (Penyunting). Handbook of child psychology: Social, emotional, and personality development (Vol. 3, pp. 646–718). New York: Wiley.

Goleman, Daniel. 2004. Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ, Terjemahan oleh T. Hermaya. 2004. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hellen. 2005. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching

Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. 2011. Metodologi Penelitian. Mataram :

IKIP Mataram

Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. 2011. Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram : IKIP Mataram

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2015. Peraturan Mentri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Myers, David G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Ngurah Adiputra Anak Agung. 2013. Bimbingan Dan Konseling Aplikasi di Sekolah dasar dan Anak Taman Kanak-kanak. Edisi Pertama. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Papalia, D. E. & Feldman, R. D. (2014).Experience Human Development :

Menyelami Perkembangan Manusia ( ed. 12 buku 2). Jakarta: Salemba

Humanika

Santock, J.W. (2007) Perkembangan Anak. Jakarta; Erlangga

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan 9 Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Bandung: Alfabeta

______2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Thompson, C.L. et, al. (2004). Counseling Children. Canada: Thompson Brooks/cole




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.3861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics