PENGARUH DUKUNGAN PSIKOLOGIS AWAL PADA REMAJA DALAM PENCEGAHAN COVID – 19 PADA SISWA MADRASAH ALIYAH AL BADRIYAH

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, Jessica Festy Maharani

Abstract


Dengan melihat penyebaran Covid-19 yang begitu cepat dan menghawatirkan, maka perlu kiranya pola pencegahan secara yang menyeluruh tidak hanya menggukan sistem medis tapi juga dari segi psikologis. Dampak penyebaran Covid – 19 ini juga menyerang sistem psikologis individu begitu juga dengan remaja, maka perlu dilakukan penanganan secara psikologis, sehingga mempengaruhi cara berpikir, merasa dan bertindak, dan juga menentukan bagimana mengatasi stress, menjalani relasi dengan orang lain, keluarga, teman, sosial, dan lingkungan disekitar, serta membuat pilihan yang tepat. Dukungan Psikologis Awal adalah serangakaian keterampilan sederhana yang dilakukan secara sistematis untuk mencegah dan mengurangi dampak negatif dari suatu masalah sekaligus menjunjung proses pemulihan kesejahteraan psikologis. Dalam konteks pendidikan menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan Dukungan Psikologis Awal untuk peserta didik di satuan pendidikan. Dukungan Psikologis Awal pada Remaja terhadap Pencegahan Covid – 19 pada Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah, dalam penelitian ini mengangkat tiga indikator besar yaitu dukungan Psikologis Awal, yang terdiri dari empati, mendengarkan aktif, relaksasi. Dalam indikator yang kedua adalah langkah-langkah Dukungan Psikologis Awal, yang terdiri dari indikator memahami situasi, membangun hubungan baik, mengenali dan memberi perhatian, mendengarkan, menghubungkan, dan Indikator yang ketiga yaitu Pencegahan Covid-19, yang terdiri dari menjaga sistem kekebalan tubuh, Cuci Tangan dengan Sabun, Etika Bersin dan Batuk, hindari kontak langsung dengan orang lain, menggunakan masker, tetap dirumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif Dukungan Psikologis Awal pada Remaja terhadap Pencegahan Covid – 19 pada Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Adapun yang Menjadi Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah sebanyak 130 Siswa. Untuk mengetahui tingkat keefektifan maka dilakukan eksperimen dengan menggunakan rancangan one-group pretest-posttest design. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada siswa MA Al Badriayah dengan jumlah subyek sebnyak 130 Siswa dinyatakan ada Pengaruh Dukungan Psikologis Awal Pada Remaja dalam Pencegahan COVID – 19 Pada Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah

Kata Kunci: Psikologis Awal Remaja; Pencegahan Covid-19


Full Text:

PDF

References


Ahmad. H dan Aluh. H. (2016) Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. Mataram. LPP Mandala.

Setyosari, P., dan Widijoto, H. (2007) Metode Penelitian Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sukmadinata, N. S. (2008) Metode Penelitian Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019) Dukungan Psikologis Awal Bimbinan Teknis Calon Fasilitator Pendidikan keluarga dalam Jaringan. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.3416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics