EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 di MIN 1 LOBAR. Di sekolah tersebut sudah menggunakan kurikulum 2013 cukup lama. Kurikulum adalah suatu alat yang amat penting dalam merealiasasikan dan mencapai tujuan pendidikan sekolah. Atas dasar tersebut penelitian ini bermaksud untuk menemukan evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 di MIN 1 LOBAR yang terletak di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Jln. Darma Bhakti 01 Desa Langko. Fokus masalah jurnal ini adalah Bagaimana evaluasi pelaksanaan kurikulum dan kendala yang dihadapi dalam mengevalusi pelaksanaan Kurikulum. Dalam penilaian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. dengan tiga tahap pengumpulan data yaitu, (1) observasi (pengamatan), (2) interview (wawancara), dan (3) dokumentasi. Metode pengumpulan data peneliti menggunakan analisis non-statistik sesuai untuk data deskriptif atau data testruktural yang tidak di wujudkan dalam bentuk angka, seluruh data dianalisis dengan menggunakan identifikasi, klasifikasi, dan di interpretasikan. Adapun hasil yang diproleh adalah (1) Salah satu dari evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 terkait dengan kesiapan guru dalam merencakan, pelaksanaan dan penilaian sudah terlaksana dengan baik. (2) kendala yang dihadapi yaitu: Guru masih kurang memahami penilaian pada kurikulum 2013 dalam merekap penilaian pada rapor, penyusunan RPP dan proses pembelajaran.
Kata kunci: Evaluasi, Pelaksanaan, dan Kurikulum 2013Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.2o Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Beserta penjelasannya, Bandung:Citra Umbara.
Hariadi A dan Aluh H. 2006. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram
Handoko. T.Hani. 2003. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta : BPFE.
Idi, Abdullah. 1999. Pengembangan kurikulum teori dan praktek. Jakarta:Gaya Media.
Lexsy. 2006. metode penelitian kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Maleong. 2012. metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Oliva, P.F. 1992. Developing The Curriculum. Harper: Collins Publishers.
Sukmadinata, N. S. 2008. Pengembangan Kurikulum. Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syaodih, Nana. 2004. pengembangan kurkulum teori dan praktek,Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Tutorial Penelitian, “Triangulasi dan Validasi Penelitian Kualitatif” dalam http://tu.laporanpenelitian.com
Yunus, Abidin .2014. Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum. Bandung: PT Refrika Aditama.
Zaenal Arfin,. , 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.3415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.