PENGARUH BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERADAPTASI SISWA KELAS VIII SMPN 2 BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Nuraini Nuraini, Nuraeni Nuraeni, Ni Made Sulastri

Abstract


Abstrak: Kemampuan beradaptasi siswa adalah usaha penyesuaian diri manusia untuk mencapai keharmonisan pada diri sendiri dan lingkungannya.Adapun Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Kemampuan Beradaptasi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Kemampuan Beradaptasi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 54 siswa, sample yang digunakan adalah 8 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data t hitung sebesar 9,23 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 7 sebesar 2,365. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (9,23< 2,365.,), sehingga dapat di simpulkan ada Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Kemampuan Beradaptasi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020 Signifikan.

Kata Kunci : Bimbingan Sosial, Kemampuan beradaptasi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: RinekaCipta.

Aulia Habibul Aziz. 2015. Peranan Kemampuan Beradaptasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Bangunan di SMKN 3Yogyakarta.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Andi, Jakarta.

Depdikbud.2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung: Rosda.

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Pekerkambangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Furchan.2007. Pengantar Penelitia dalam Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariadi A dan Aluh H. 2006. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah.

Jauhar, Muhammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.

John W. 2006.Acculturation Psychology.The Cambridge Handbook.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marwanto.2013. Pengaruh Kemampuan Beradaptasi Siswa Baru Terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.

Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhaslan Belajar dan kemajuan Bangsa.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Nurdin.2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Nurihsan. 2006. Bimbingan Dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Vaiabel-variabel Penelitian.Bandung:Alfabeta.

Sobur. 2009. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Surakhmad, Winarno. 2006. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.

Yusuf, Syamsu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf,Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tri Atmono, 2014. Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Kemampuan Beradaptasi Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.

Winkel, W.S & Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.3412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics