PENGARUH METODE MENYIMAK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI PAUD BERSERI KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Khairul Huda, M. Najamuddin

Abstract


Abestrak: Salah satu perkembangan kognitif pada anak usia dini yang cukup penting adalah perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa ini tentunya berkaitan dengan kemampuan membaca anak usia dini. Membaca pada anak usia dini memiliki banyak tantangan, sehingga diperlukan metode yang dapat membantu proses pembelajaran. Oleh karena itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode menyimak terhadap kemampuan membaca pada anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Berseri Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2019/2020?. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menyimak dengan kemampuan membaca pada anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Berseri Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2019/2020.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One group Pre-Test and Post-Test Design. Kemudian data dikumpulkan dengan metode observasi. Data skor observasi kemudian dianalisis dengan ujiPaired T-Test menggunakan aplikasi SPSS for Windows. Hasil analisis data menunjukan nilai thitung  sebesar 12,253, sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5% pada df 14 diperoleh 2,145. Hal ini menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar dari pada nilai ttabel (12,253>2,145). Oleh karena itu dapat dikemukakan bahwa hipotesis Nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode menyimak terhadap kemampuan membaca pada anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Berseri Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2019/2020. Selain itu berdasarakan pengamatan observer, peserta didik lebih antusias ketika diminta menyimak dan mengulangi kata. Peserta didik juga menjadi lebih aktif serta terlibat dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Metode Menyimak, Kemampuan Menyimak

Full Text:

PDF

References


Aida, Siti dkk. 2018. Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia.

Bungin, Burhan. 2005.Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Danim, Sudarwan dan Darwis. 2002. Metode Penelitian Kebidanan: Prosedur, Kebijakan dan Etik. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Darmadi. 2018. Membaca Yuk. Jakarta: Guepedia Publisher.

Enterprise, Jubilee. 2014. SPSS untuk Pemula. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo.

Gulö, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Habibi, Muazar. 2018. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.

Hadini, Nining. 2017. Meningkatkan kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment.

Hariadi A dan Aluh H. 2006. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hamdi, Asep Saepul dan E. Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Hidjanah. 2020. Pendidikan Anak Usia Dini: Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Jakarta: Edu Publisher

Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

Kurnia, Rita. 2019. Bahasa Anak Usia Dini. Yogjakarta: Deepublish

Martaulina, Sinta Diana. 2018. Bahasa Indonesia Terapan. Yogyakarta: Deepublish.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Putri, Delia dan Elvina. 2019. Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar Melalui Metode Games. Pasuruan: Kiara Media.

Rahman, Taufiqur. 2018. Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Ratnasari, Ni Ketut Windu dkk. 2016. Penerapan Metode Simak Ulang Ucap Berbantuan Media Audio untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Dua. e-Journal PGSD Universitas Ganesha Jurusan PGSD.

Rutoto, Sabar. 2007. Pengantar Metodologi Penelitian. Kudus: FKIP Universitas Muria Kudus

Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Siyoto, Sandu dan Muhammad Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Waluyo, Djoko Adi dan Anies Listiowati. 2017. Kompendium Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Prenadamedia Group.

Wicaksono, Andri dkk. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.3411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics