HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN SIKAP EGOIS PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 13 MATARAM

Wiwiek Zainar Sri Utami

Abstract


Setiap orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, orang tua mendidik anak atas dasar kasih sayang, tapi kebanyakan orang tua hanya mementingkan kemauan diri sendiri saja, dan mengabaikan kemauan anaknya tanpa mengetahui karakter anak. Hal seperti ini akan berdampak negatif bagi perkembangan anak. Seperti pola asuh otoriter yang diterapkan oleh orang tua, yang dimana setiap keinginan orang tua harus dipenuhi oleh anak, dan apabila anak melanggar atau melawan orang tua tidak segan-segan untuk menghukum anak dengan cara memukul, sehingga anak akan terluka secara fisik dan psikisnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan sikap egois pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram yang berjumlah 134 siswa. sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian dari seluruh jumlah siswa kelas VIII yaitu 33 siswa, dengan sampel 33 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik product moment

Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, diketahui nilai  sebesar 0,347. Selanjutnya, nilai tersebut di konsultasikan dengan nilai product moment pada taraf signifikansi 5% dengan N=33, maka di peroleh nilai product moment sebesar 0,344. Kenyataan tersebut, menunjukkan bahwa nilai  lebih besar dari nilai product moment atau 0,347>0,344. Dengan demikian, hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan signifikan. Dan dengan demikian, hipotesis nihil ( ) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan hasil pengujian signifikasi di atas maka kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Sikap Egois Siswa Di SMP Negeri 13 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018”, yang tergolong dalam kategori rendah.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2016. Evaluasi Pemberantasan Buta Aksara Pendekatan Goal Oriented Model Robert L. Hammond. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Anisah, Siti Ani. 2011. Pola Asuh orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Universitas Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol 05, No. 01 (Diakses 15 Maret 2018).

Arikunto, suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arikunto, suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Bambang Syamsu. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: Team redaksi pustaka setia.

Barnadib, Imam Sutari. 1986. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: Andi Offset.

Darahim, Andarus. 2015. Membentuk Jati Diri Dan Karakter Anak Bangsa. Jakarta timur: Institut pembelajaran gelar hidup (IPGH).

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurmalara, Nanta. hubungan pelayanan kelengkapan perpustakaan dengan minat baca siswa di SMAN 1 keruak kabupaten lombok timur, skripsi, ikip mataram, hal 6-26.

Juliansyah, Noor. 2012. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Restian, Arina. 2015. Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Malang: PT Universitas muhammadiyah malang.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sobur, Alex. 2013. Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Surbakti. 2009. Kenalilah Anak Remaja Anda. Jakarta: PT Elex gramedia komputindo.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Pedoman Pembimbingan dan Karya Ilmiah, 2011. Pedoman Pembimbingan Dan Penulis Karya Ilmiah, IKIP Mataram

Syamsu, Yusuf dan Juntika Nurishan. 2012. Landasan Bimbingan Dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muri, Yusuf. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Frizka Nurzahra susilo. 2015. Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v3i1.2116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics