PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMKN 2 PRAYA TENGAH

Nuraeni Nuraeni, Mutiah Mutiah

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui Pengaruh Teknik Modeling terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI di SMKN 2 Praya Tengah Lombok Tengah Tahun Ajaran 2023/2024. Bahwa hasil penelitian yang dilakukan pada SMKN 2 praya Tengah  Lombok Tengah, bahwa bimbingan karir dengan teknik modeling berpengaruh terhadap perencanaan karir peserta didik kelas Xl Hal ini dibuktikan dengan perbedaan peserta didik pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan teknik modeling dengan peserta didik .Berdasarkan nilai thitung sebesar 5,218 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 9, lebih besar dari nilai t-tabel (5,218>2,262), sehingga dapat dikatakan bahwa hasil penelitian ini adalah “signifikan” maka dapat disimpulkan bahwa: Ada Pengaruh Bimbingan Kelompok menggunakan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa  Pada Siswa Kelas Xl di SMKN  2 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2023 /2024.Maka dapat diambil kesimpulan bahwa bimbingan karir dengan menggunakan teknik modelling berpengaruh untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas Xl SMKN 2 Praya Tengah.


Keywords


Bimbingan kelompok, modeling, Perencanaan karir

Full Text:

PDF

References


Adiputra.s,(2015), penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa,stkip muhammadiyah pringsewu

Ahmad H dan Hartati A. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Ahmad H. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Ahmad H., dan Hartati A. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Ahmad H., dan Kurnia D. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Ahmad H., dan Maulana LAA. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Ahmad H., Hartati A, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Ahmad. H., 2022. Buku Ajar Teknik-Teknik Konseling. LPPM Undikma. Mataram

Ahmad. H., dan Maharani. JF. 2023. Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kontrol Diri dalam Bermedia Sosial Siswa SMP Kota Mataram Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 2 Edisi Oktober 2023. Hal 2089 – 2079. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad. H., dan Utami. E. 2024. Pengaruh Teknik Role Playing terhadap Keterampilan Komunikasi Verbal Siswa SMP. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No 1 Edisi April 2024. Hal 2283 – 2293. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad. H., Hartati. A. 2024. Buku Ajar Teori-Teori Konseling. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. NTB

Chosiyah, dkk.(2001)layanan bimbingan kelompok, solo: fkip bk un

Darmiati,dkk (2015)pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perencanaan karir siswa smk n 1 kendari. jurnalilmiah bening: belajar bimbingan dan konseling.universitas riau

Dillard. j. m. (1985). lifelong career planing. ohio: a bell & howell company columbus. (doi: https://doi.org/10.29210/20181111)

Fahmi.a, ( 2021) gambaran perencanaan dan pelaksanaan modeling langsung karir siswa di man 2 model makassar (issn 2580-0469)

Falentini (2013), Profil Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa, Universitas Pendidikan Indonesia, Perpustakaan.UPI.EDU.

Hani.h, (2005), manajemen sumber daya manusia, jakarta : penerbit bpfe yogyakarta.

Hartinah.s,(2009) konsep dasar bimbingan kelompok, bandung: pt refika aditama,

Hasrul dan Ahmad H. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul, Nutfah A.M. Arif, dan Ahmad, H. 2024. Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Sikap Kewirausahaan Siswa di Kota Ternate. Jurnal Pendidikan dan ekonomi (JUPEK). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Maluku Utara.

Helmi,Dkk,(2022),Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas Xl Smk Tunas Pelita Binjai,(Issn :2621 – 2676),Mahasiswa Stkip Budidaya Binjai

Herwanto.r(2015)kematangan karier (penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa xi sman 1 tasikmalaya tahun ajaran 2014/2015).uin raden intan lampung

Komalasari,dkk. (2011). teori dan teknik konseling. jakarta.

Korohama.k.e.p,dkk (2017)model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa, (issn: 2502-4450)

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Novanti,a.y,dkk ,(2021)layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap perencanaan karir siswa kelas xl sman 1 moga (e-issn : 2580 – 6467/doi: https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1)

Ozora,dkk.(2016).potret perencanaan karir pada mahasiswa.universitas kristen satya wacana

Prayitno, dkk,(2017) layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok yang berhasil, penerbitghalia indonesia. bogor.

Pusparisa.y. (2021). bps : sarjana yang menganggur hampir 1 juta orang pada februari (databoks)

Ria, s. (2018). pengaruh perencanaan karir, pelatihan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan. kinerja unmul,

Romlah,(2001), Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok, Malang, Universitas Negeri Malang

Sinambela, (2016) “pengaruh pengembangan karir, pengawasan dan komitmen pegawai terhadap kinerja pegawai di dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana kabupaten bantaeng,bantaeng.

Sugiyono.(2015). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. bandung:alfabeta.

Trifosa Dyah Puspitaningrum,(2018),Teknik Modeling Terhadap Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik Sma,(Issn:2580-6467),Universitas Negeri Yogyakarta

Walgito dan bimo. (2005). bimbingan & konseling (studi dan karir). yogyakarta: andi offset.

Winkel, w. dan m.m sri hastuti, 2012, bimbingan dan konseling di institusi pendidikan, edisi revisi, (yogyakarta: media abadi).

Winkel, w. s & hastuti, s. (2010). bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. yogyakarta: media abadi.

Yulia,Dkk,(2021), Penerapan Teknik Modeling Simbolis Dalam Pengembangan Perencanaan Karier Siswa Smp Negeri 6 Palangka Raya, (ISSN:2656-8152),Universitas Palangka Raya

Yulianti. w. (2016). intervensi layanan bimbingan karier untuk peningkatan kemarangan karir,univeesitas pendidikan Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.15009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics