ANALISIS REGULASI EMOSI DALAM MENJALANKAN PERANNYA SEBAGAI PENDIDIK PADA GURU BERKEBUTUHAN KHUSUS

Baiq Annisa Salwa Fadia, Syamsul Hadi, Dwi Widarna Lita Putri

Abstract


Penelitian ini didasari oleh rasa keingintahuan peneliti mengenai regulasi dalam menjalankan perannya sebagai pendidik pada guru berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Lombok Barat. Regulasi emosi menjadi kompetensi penting bagi guru, terutama yang mendampingi siswa berkebutuhan khusus. Karena menghadapi tantangan yang kompleks, seperti menangani perilaku siswa yang beragam, memenuhi kebutuhan pembelajaran individual, serta menjaga keseimbangan emosi dalam situasi yang menuntut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan beberapa guru SLB sebagai subjek utama. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi untuk memahami bagaimana regulasi emosi dilakukan, faktor yang memengaruhinya, serta dampaknya terhadap kualitas pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Lombok Barat menerapkan berbagai strategi regulasi emosi, seperti pertama, antecedent-focused strategy atau cognitive reappraisal (mengubah pola pikir terhadap situasi menantang) dengan tahap modifikasi situasi, pemilihan jenis aktivitas, dan perubahan kognitif. Strategi kedua yang digunakan adalah response-focused strategy atau expressive suppression (menekan ekspresi emosi negatif demi menjaga suasana belajar yang kondusif) dengan tahap penyesuaian modulasi. Faktor utama yang memengaruhi regulasi emosi keempat subjek dalam penelitian meliputi faktor lingkungan, pengalaman kerja dan jenis kelamin. Selain itu, lingkungan kerja yang mendukung, seperti hubungan baik dengan siswa dan kolega, berkontribusi pada kemampuan guru dalam mengelola emosi.

Keywords


Regulasi Emosi, Pendidik, Berkebutuhan Khusus.

Full Text:

PDF

References


Agustin Kurniasih, “Regulasi Emosi Pada Anak Broken Home” (Skripsi, Universitas Semarang, Semarang, 2019)

Desi Romadhani, “Regulasi Emosi Guru Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Autis Harmony Surakarta”, (skripsi: FUSA UIN Raden Mas Said, Surakarta, 2023), hlm. 20

Gross, J. J. Handbook Of Emotion Regulation. (New York, London: The Gulford Press, 2007), hlm. 250

Gross, J. J. Handbook Of Emotion Regulation. (New York, London: The Gulford Press, 2014), hlm. 6

Hadi, S. (2020). Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan Nilai Tafakkur untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan Prambanan Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 155–165. https://doi.org/10.29080/jbki.2020.10.2.155-165

Hamzah B. Uno, Masri Kuadrat, Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), hlm. 2

Kinanti Hanum Kumala, “Strategi Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Dengan Banyak Peran” Jurnal Penelitian Psikologi, Vol. 9, No. 3, 2022, Hlm. 21

Mohammad Efendi, Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006), hlm. 2

Moleong L.J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja rosadakarya, 2014), hlm. 4

Nida Nurhasanah, “Regulasi Emosi Pada Guru Anak Berkebutuhan Khusus”, Jurnal bimbingan penyuluhan & konseling islam, Vol. 2, Nomor 2, 2023, hlm. 27

Rahayu Setyaningsih, dkk, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, (Jakarta:CV Tahta Media Group, 2022), hlm. 3

Ratna Nur Fitriana, “Dampak Perceraian Terhadap Regulasi Emosi Siswa Smk”, Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu), Vol. 4, No. 5, 2020, Hlm. 346

Rozi Sastra Purna, “Gambaran Regulasi Emosi Guru di Kota Padang”, Humanitas, Vol. 4, Nomor 2, Agustus 2020, hlm. 157

Safaria T, Saputra N.E, Manajemen Emosi (sebuah panduan cerdas bagaimana mengelola emosi positif dalam hidup), (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012), hlm. 12

Sasmita, W. ., & Hadi, S. (2023). Penguatan Kognitif Dan Emosional Ibu Dengan Peran Ganda Dalam Mempertahankan Rumah Tangga. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 13(2), 139–152. https://doi.org/10.29080/jbki.2023.13.2.139-152

Shabrina Hikmah Khaerunnisa, “Regulasi Emosi Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdit Insan Qurani Sumbawa Besar”, Jurnal Psimawa, Vol. 2 No. 1, 2019, Hlm. 12

Shinantya Ratnasari, Julia Suleeman, “Dampak Perceraian Terhadap Regulasi Emosi Siswa Smk”, Jurnal Psikologi Sosial, Vol. 15, No. 01, 2017, hlm. 37

Tyas Diana Uswatun Hasanah, “Regulasi Emosi Pada Ibu Single Parent”, Jurnal Psikologi Integratif, Vol. 2, No. 1, 2014, Hlm. 91

Uswatun Hasanah, 2 Betrik Alivia, “Regulasi Emosi Guru Kelas Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus”, Idea: Jurnal Psikologi, Vol, 7, Nomor. 1, April 2023, hlm. 67

Zaitu, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, (Pekanbaru: Kreasi Edukasi), Hlm. 54




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics