PENERAPAN TEKNIK GENOGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Muhammad Silmi Kaffah, Muh. Syawal Hikmah

Abstract


Penelitian ini menelaah penerapan teknik genogram untuk meningkatkan kematangan karier siswa di SMAN 2 Jeneponto. Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan teknik genogram untuk meningkatkan kematangan karir siswa di SMAN 2 Jeneponto dan Apakah teknik genogram dapat meningkatkan kematangan karir siswa di SMAN 2 Jeneponto?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan teknik genogram untuk meningkatkan kematangan karier siswa di SMAN 2 Jeneponto, dan Untuk mengetahui teknik genogram dapat meningkatkan kematangan karier siswa di SMAN 2 Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 9 orang siswa kelas XI MIA 1, 8 orang siswa kelas XI MIA 2, 6 orang siswa kelas XI MIA 3, dan 7 orang siswa kelas XI MIA 4, dan sampel sebanyak 20 orang siswa, 10 orang siswa pada kelompok eksperimen dan 10 orang siswa kelompok kontrol. Pengumpulan data diperoleh melalui angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji t Test dengan uji statistik independen sample t test. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Pelaksanaan teknik genogram dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah dirancang melalui lima kali pertemuan yaitu pemberian informasi (orientasi bimbingan karier dan teknik genogram), konstruksi genogram, pengumuman jabatan, eksplorasi diri, evaluasi dan tindak lanjut. Pada saat pelaksanaan teknik genogram, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi, serta penggunaan teknik genogram efektif untuk meningkatkan kematangan karier siswa secara signifikan di SMAN 2 Jeneponto.

Keywords


Teknik Genogram, Kematnagan Karier, Siswa SMA.

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. T., Rahayu, P. P., Pratama Irwin Talenta, S. P., Nurkhasanah, A., & Hakati, K. T. (2024). Bimbingan Karir. Pt Publica Indonesia Utama.

Alfionita, R. Z. R. (2018). Penggunaan Genogram Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Kelas Xi Kompetensi Keahlian Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Bk Unesa, 4(3).

Andi Zulfiana, Nurul Faizah K, & Andi Nurindah Sari. (2024). Teknik Genogram Terhadap Keputusan Karir Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(2), 204–214. Https://Doi.Org/10.55606/Lencana.V2i2.3653

Aqmar, A. Z., & Rakhmawati, D. (2022). Faktor Determinan Kematangan Perencanaan Karir Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 1 Kersana). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(01), 1–11.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Aryani, F., Latif, S., & Syahril, M. F. (2021). Teknik Penggunaan Genogram Dalam Layanan Bimbingan Karier.

Astuti, B., & Purwanta, E. (2019). Bimbingan Karier Untuk Meningkatkan Kesiapan Karier. Devstudika.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. Fifth Edition. In Los Angeles, Sage. Https://Doi.Org/10.4324/9780429469237-3

Fathonah, N. (2019). Penggunaan Metode Genogram Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir. Prophetic : Professional, Empathy And Islamic Counseling Journal, 2(2), 279. Https://Doi.Org/10.24235/Prophetic.V2i2.5814

Hadija. (2020). Penerapan Teknik Genogram Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Di Sma Negeri 2 Camba Maros. In Skripsi (Pp. 1–23). Http://Eprints.Unm.Ac.Id/25207/%0ahttp://Eprints.Unm.Ac.Id/25207/1/Skripsi A.St.Hadija_1644040014 Fix.Pdf

Hariyanto, H., Kuat, T., Suprap, S., Rohmad, A. N., Faizin, A. N., & Hadi, H. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Pada Siswa Smk. Journal Of Education Research, 5(4), 6247–6253.

Hendayani, N., & Abdullah, S. M. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dan Kematangan Karier Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 28–40.

Latifatma, N., Ananda, K., Tanjung, E. P. P., Thohir, U. F., Sonia, A., Siregar, D. A., Tarisa, C., Ginting, T. A. P. B., Zahro, A., & Lestari, W. (2024). Penerapan Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (Jppi), 1(2), 44–54.

Mazaya Nur Afifah Rahman, A. (2020). Upaya Memantapkan Rencana Karier Melalui Layanan Bimbingan Karier Menggunakan Genogram Pada Peserta Didik Kelas Xi Madrasah Aliyah (Ma) Mathla’ul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Uin Raden Intan Lampung.

Pandang, A., & Anas, M. (2019). Penelitian Eksperimen Dalam Bimbingan Konseling Konsep Dasar & Aplikasinya Tahap Demi Tahap. In Makassar: Badan Penerbit Unm.

Praekanata, I. W. I., Yuliastini, N. K. S., Zagoto, S. F. L., Dharmayanti, P. A., & Suarni, N. K. (2024). Inovasi Konseling Berbasis Pendekatan Holistik: Integrasi Teori, Model, Dan Teknik Untuk Mendukung Kesejahteraan Siswa. Nilacakra.

Purworahayu, D., & Rusmawati, D. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Sma Negeri 1 Kemangkon Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Empati, 7(2), 716–721.

Putri, A. C. C. (2023). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Dalam Meningkatkan Kematangan Karier Pada Siswa Sma Nu 1 Gresik. Jurnal Psimawa: Diskursus Ilmu Psikologi Dan Pendidikan, 6(2), 74–80.

Rahman, A., & Harum, A. (2023). Strategi Bimbingan Karir Melalui Teknik Genogram Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Man. Educandum, 9, 153–164. Https://Doi.Org/10.31969/Educandum.V9i2.1221

Rinaldi, M., Wan, C., & Marimbun, M. (2024). Faktor Pengambilan Keputusan Untuk Studi Lanjut Pada Remaja Dari Keluarga Single Parent Di Gampong Teungoh Kota Langsa. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 7(2), 25–31.

Setiyani, P., Ismanto, H. S., & Ajie, G. R. (2023). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Juwana. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 83–95.

Sundari, I., Masya, H., & Erlina, N. (2023). Pengembangan Media Animasi Dalam Memberikan Pemahaman Karir Pada Peserta Didik. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 33–55.

Supardi, J. S., Merdiasi, D., Sepniwati, L., Apandie, C., & Siten, A. D. (2023). Penguatan Dalam Pembinaan Dan Pembimbingan Karier Siswa Sma Negeri 1 Pulau Malan, Kabupaten Katingan. Journal Of Human And Education (Jahe), 3(4), 78–87.

Supriatna, M. (2019). Analisis Genogram Sebagai Alat Konseling Karir. Jurnal Pendidikan Psikologi Dan Bimbingan.(Online) Diakses Tanggal, 16.

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Suryana, E., Wulandari, S., Sagita, E., & Harto, K. (2022). Perkembangan Masa Remaja Akhir (Tugas, Fisik, Intelektual, Emosi, Sosial Dan Agama) Dan Implikasinya Pada Pendidikan. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1956–1963.

Syah, M. E., & Pertiwi, D. S. (2024). Psikologi Belajar. Feniks Muda Sejahtera.

Yanti, D. S., & Khairi, A. M. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kematangan Karir Anak Remaja Akhir Di Lksa Yayasan Nur Hidayah Surakarta. Iain Surakarta.

Yulianti, E. D., Fitri, S., & Herdi, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Genogram Dalam Konseling Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik Kelas Xii. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 19. Https://Doi.Org/10.21009/Insight.041.04

Zahara, D. (2020). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karier Dengan Genogram Terhadap Perencanaan Karier Peserta Didik Di Sma Gajah Mada (Vol. 2507, Issue February, Pp. 1–9).




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics