ANALISIS KESULITAN BELAJAR AKADEMIK SISWA DAN RESPON GURU DI SMA NU 1 GRESIK: STUDI KASUS PENDEKATAN EDUKASI

Neny Dwi Agustin, Wita Atikah Nuri, Devytha Maura A P, Nailunnajwa Nailunnajwa, Faya Fatimmatuz Zahro, Muhammad Luqman Baihaqi

Abstract


Observasi ini dilakukan dalam pemenuhan tugas mata kuliah Psikologi pendidikan dengan tujuan mengetahui kesulitan belajar siswa di SMA NU 1 Gresik. Dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor, materi, dan peran guru terkait kesulitan belajar siswa. Menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesulitan belajar akademik yang dialami oleh siswa SMA NU 1 Gresik. Dari Hasil observasi kami, terdapat beberapa faktor yang menjadi kesulitan bagi siswa diantaranya tempat belajar yang terlalu ramai, tidak cocok dengan penjelasan materi dari guru, matapelajaran yang sulit. Adapun beberapa tindakan yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA NU 1 Gresik ini salah satunya menggunakan pendekatan holistik.

Keywords


psikologi pendidikan, kesulitan belajar, lingkungan belajar.

Full Text:

PDF

References


Anwar, C. (2021). "Pendekatan Kualitatif dalam Meneliti Permasalahan Siswa." Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(1), 56-64.

Armella, R., & Rifdah, K. M. (2022). KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIKESULITAN BELAJAR. Sultan Idris Journal of Psychology and EducationVol. 2, No. 1, 202214Sultan Idris Journal of Psychology and Education

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.

Bowlby, J. (1969). Attachment and Loss: Volume I. Basic Books.

Festinger, L. (1957). A Theory of Cognitive Dissonance. Stanford University Press.

Habsyi, B. A., Soviana, A. F., Putri, A. T., & Hati, A. M. (2023). KESULITAN BELAJAR AKADEMIK DALAMPROSES PEMBELAJARAN. TSAQOFAH, Jurnal Guru Indonesia.

Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370-396.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Rogers, C. R. (1959). Significant Learning in Therapy and in Education. Educational Leadership, 16(5), 232-242.

SUCIA, V. (2016, September 2). PENGARUH GAYA KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. 112-126.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tranggono, G. R. (2023). PENGARUH KEBISINGAN DI TENGAH PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR UPN "VETERAN" JAWA TIMUR TERHADAP KONSENTRASI PEMBELAJARAN MAHASISWA. Scientific Journal of Education, 39-49.

Widyastuti, R., & Mulyani, E. (2020). "Analisis Kesulitan Belajar Akademik Siswa SMP: Studi Deskriptif Kualitatif." Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 123-133




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics